VIDEO: Jusuf Kalla Bilang Butuh Lima Tahun Menormalkan Ekonomi

Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla
Sumber :
  • DMI

VIVA – Mantan wakil presiden Jusuf Kalla mengingatkan, ada dua krisis akibat wabah virus corona yang dihadapi masyarakat dunia, termasuk Indonesia, sekarang, yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Krisis kesehatan, katanya, tidak bisa segera tuntas karena, seandainya sudah ada vaksinnya kelak, butuh waktu sedikitnya dua tahun untuk memvaksin semua orang. Setelah itu akan terjadi normalisasi, seperti orang-orang mulai bekerja, aktivitas ekspor-impor mulai normal, pengangguran berkurang, dan lain-lain.

Namun, karena pandemi Covid-19 ini bersifat global, maka satu negara bisa memengarhi negara lain. Begitu juga dengan Indonesia. Banyak negara juga defisit sehingga permintaan akan impor dari negara lain juga menurun. Maka, kalau krisis kesehatannya terselesaikan dalam dua-tiga tahun, krisis ekonominya butuh waktu lima tahun.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Pekerjaan rumah besar menanti pemerintah di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, tengah mempersiapkan detail skenario penerapan new normal, khususnya dari sisi desain kebijakan fiskal.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung
Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Politisi senior Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK) mengaku tak mau ambil pusing soal wacana Anies Baswedan yang ingin kembali maju di Pilgub Jakarta

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024