Rampung 2024, Menteri Basuki Akui Tol Trans Sumatera Kurang Rp387 T

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa pengerjaan proyek tol Trans Sumatera bakal rampung pada 2024. Kini, kata dia, pemerintah masih punya kendala dalam pembebasan lahan. Tol yang membentang mulai dari Aceh-Lampung ini mempunyai panjang 2.800 kilometer.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

"Target kita ingin menyelesaikan sampai dengan 2024,” kata Basuki usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Jakarta, Selasa 7 Juli 2020.

Basuki bilang, dari total panjang tol tersebut, sepanjang 393 kilometer sudah beroperasi. Dengan proyek besar tersebut, katanya, dibutuhkan anggaran mencapai Rp500 triliun.

Volume Kendaraan Meningkat, Akses Keluar Tol Jagorawi Arah Puncak Bogor Ditutup Sementara

"Sehingga masih dibutuhkan Rp387 triliun untuk menyelesaikan seluruhnya. Tapi kalau hanya backbone-nya saja dari Bakeuhuni ke Banda Aceh itu adalah 1.970 kilometer. Ya tanpa sirip-sirip (koridor pendukung) tanpa Bengkulu, Padang dan Sibolga, tapi itu semua juga akan diselesaikan. Untuk backbone-nya saja kebutuhan dananya Rp266 triliun," ujarnya.

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk memastikan proyek tol Trans Sumatera mendapatkan pendanaan dari investor. Sehingga, pengerjaan proyek tersebut bisa terakselerasi dan manfaatnya dongkrak ekonomi nasional segera bisa dirasakan.

7 Mobil Kecelakaan Beruntun di Tol Surabaya-Mojokerto, Bayi 7 Bulan Luka

Saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan hari ini, Jokowi menegaskan perlu ada terobosan alternatif pembiayaan bagi pengerjaan jalan bebas hambatan yang terhubung sepanjang sekitar 2.800 kilometer itu. Hal ini jadi sorotan karena jalan tol itu tersebut masuk proyek strategis nasional. 

"Saya minta ada terobosan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk mengurangi beban ekuitas dari PMN (Penyertaan Modal Negara) dan juga tidak tergantung dari APBN. Ini yang saya kira perlu digarisbawahi," ujar Jokowi, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Kantor Jasa Marga KM 70, Senin, 15 April 2024

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 terjadi pada Senin malam, 15 April 2024. Dia mengatakan, pemud

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024