Jualan Online, UMKM Bisa Hemat Jalankan Usaha

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Penjualan secara online disebut-sebut mampu mendongkrak pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di tengah pandemi Virus Corona atau COVID-19 saat ini. Bahkan, apabila pasarnya sudah terbentuk, bukan tidak mungkin UMKM mendapatkan cuan.

Muzdalifah Dibilang Bangkrut karena Jualan Bawang Goreng Hingga Tisu: Aku Gak Pernah Gengsi

Karena itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengimbau, para UMKM bisa memanfaatkan digitalisasi tersebut. Apalagi Pandemi Corona mengubah pola transaksi ekonomi yang akan lebih banyak menggunakan sistem online dibandingkan offline.

"Kita ketahui, di era new normal, kegiatan masyarakat maupun kegiatan ekonomi lebih banyak berbasis digital," kata Airlangga di Jakarta, Rabu 8 Juli 2020.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dia menyadari, perubahan pola bisnis itu tidak bisa dilakukan dengan sekejap. Sebab, diperlukan berbagai persiapan, khususnya penguatan dari segi infrastruktur.

Baca juga: UMKM Jualan Online Selama Pandemi Pendapatannya Naik, Ini Buktinya

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Karena itu dia menegaskan, Pemerintah akan membantu UMKM dalam memanfaatkan transaksi digital tersebut.

"Pelaku usaha dalam rangka menuju digitalisasi pasti ada tahapannya. Yang pertama, dari sisi pemerintah, kita akan menyiapkan infrastrukturnya seperti jaringan internet dan lainnya," tambahnya.

Dengan memanfaatkan digitalisasi, lanjut Airlangga, UMKM akan memangkas supply chain agar lebih pendek dan lebih efektif menjalankan usahanya. Kegiatan bisnis pun lebih efisien.

Baca juga: Warga Inggris Dapat Diskon 50 Persen Makan di Restoran Hingga Agustus

"UMKM akan lebih hemat dalam hal biaya menjalankan usaha," ujarnya.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya