Ingin Nyaman Bepergian, KAI Operasikan Kereta Luxury Saat New Normal

Kereta Api Wisata Imperial.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – PT KAI terus menambah perjalanan kereta api jarak jauh di saat masa new normal. Selain itu, KAI mengoperasikan kereta Luxury yang digandeng pada rangkaian KA Sembrani dan Argo Parahyangan.

KAI Siapkan 3 Kereta Api Tambahan di Semarang saat Arus Mudik, Cek Rutenya

Baca Juga: Daftar 10 Kereta Api Jarak Jauh yang Beroperasi Mulai 10 Juli 2020

Direktur Niaga KAI, Maqin U Norhadi, mengatakan, sebelumnya pengoperasian kereta Luxury sudah pernah dilakukan di masa pandemi COVID-19, yaitu dirangkaikan pada KA Turangga (Gambir-Surabaya Gubeng PP) guna memberikan kenyamanan ekstra.

KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis untuk Keberangkatan 2 April 2024, Simak Cara Daftarnya

“KAI menambah layanan KA jarak jauh komersial kelas Luxury, Eksekutif, Ekonomi, untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan new normal yang ketat,” ujar Norhadi dalam keterangannya, Jumat 10 Juli 2020.

Ia menuturkan, pengoperasian kembali KA jarak jauh ini akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang diterapkan pada masa adaptasi kebiasaan baru mengacu pada SE DJKA No 14 Tahun 2020 dan SE Gugus Tugas COVID-19 No 9 Tahun 2020. 

Puncak Arus Mudik Penumpang KA di Yogyakarta Diprediksi Terjadi pada H-4 Lebaran

Pada tahap awal, lanjut dia, KAI hanya menjual tiket maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia pada KA. Tujuannya untuk menjaga jarak antarpenumpang selama dalam perjalanan.

Sementara itu, khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan melakukan pengaturan tempat duduk, sehingga dalam perjalanan tidak berdekatan dengan penumpang lain. (art)

Ilustrasi kereta api melintas.

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

PT KAI akan mengoperasikan 924 kereta api jarak jauh atau rata-rata 231 perjalanan kereta api jarak jauh pada libur panjang akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024