Selain Sepeda, Jualan Tanaman Hias Juga Raup Cuan Saat Pandemi

Penjual tanaman hias.
Sumber :
  • Vicky Fazri/VIVA.

VIVA – Selain para pedagang sepeda yang sedang naik daun, tanaman hias pun kini menjadi tren. Hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang beraktivitas di rumah selama masa tatanan normal baru atau new normal.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Usaha bidang budidaya tanaman hias dan anggrek adalah salah satu yang justru mendapatkan rezeki berlimpah pada masa pandemi virus Corona atau COVID-19 saat ini.

Begitulah yang dialami oleh para pedagang anggrek di Wisata Taman Anggrek Ragunan di DKI Jakarta Selatan yang berada di Jalan Kebagusan Raya, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Eva, salah satu pedagang di Taman Anggrek Ragunan ini pun membeberkan bahwa untuk penghasilannya pernah mencapai Rp50 juta selama pandemi. Biasanya rata-rata per bulan sekitar Rp20 juta hingga Rp30 juta.

Baca juga: Tantangan Bisnis Asuransi Terapkan Standar Internasional Baru

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Tak dapat dipungkiri, meski secara luas COVID-19 mengakibatkan lumpuhnya perekonomian bagi semua orang, bagi Eva, justru merupakan berkah tersendiri.

"Orang-orang yang biasanya bekerja setiap hari, sejak diterapkan sistem WFH, mereka sebagian besar lantas mengisi kegiatannya di rumah dengan bercocok tanam tanaman hias. Bunga krisan paling banyak disukai pembeli," kata Eva kepada VIVA, Jumat, 10 Juli 2020.

Adapun jenis tanaman anggrek yang dijual adalah Anggrek Dendrobium, Bulan, Vanda, Cattleya, Oncydium, dan masih banyak lagi. Bahkan, dari tiap keluarga anggrek tersebut, masih ada bermacam spesies anggrek yang kadang bentuknya cukup berbeda satu sama lainnya dan memiliki keunikan tersendiri.

Baca juga: Intip Kekayaan Naya Rivera, Artis Glee yang Hilang di Danau

Harga masing-masing spesies tentu bervariasi bergantung pada tingkat kelangkaannya. Selain anggrek, juga dijual berbagai tanaman hias seperti berbagai jenis Anthurium, Aglonema, Bromelia, kuping gajah, bunga bakung, dan lainnya.

"Hal ini sangat membantu karena tidak selamanya anggrek menjadi primadona dalam penjualannya," tuturnya.

Eva pun menyampaikan, untuk tanaman hias terkadang ada tipe yang booming, sehingga dapat memberikan keuntungan dalam waktu singkat.

“Selain dapat dibeli, anggrek dan tanaman hias di sini dapat disewa untuk dijadikan dekorasi pada pameran atau acara kantor,” ujar Eva. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya