Warga 28 Daerah di Jatim Kini Bisa Beli Sembako Murah Gratis Ongkir

Lumbung Pangan Jatim.
Sumber :
  • Nur Faishal/ VIVA.

VIVA – Jangkauan pelayanan lumbung pangan murah gratis ongkos kirim (ongkir) di Jawa Timur kini makin luas. Layanan ini kini bisa dijangkau dari 28 kabupaten/kota di Jatim.

Prabowo: Ada Intelektual-intelektual Indonesia yang Mengejek Saya dan Konsep Food Estate

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dalam keterangan resminya mengungkapkan, rencananya, pelayanan sembako murah tersebut bisa dijangkau oleh masyarakat di seluruh kabupaten/kota seluruh Jatim.

"Layanan belanja online di Lumbung Pangan Jatim kembali diperluas. Ada tambahan layanan di sembilan daerah sehingga resmi mulai hari ini 28 kabupaten/kota di Jatim sudah tersasar layanan sembako murah dengan gratis biaya pengiriman,” kata Khofifah dikutip Kamis, 16 Juli 2020. 

Lumbung Pangan Bukan Proses Instan, Menurut TKN Tepis Tudingan Program Gagal

Ke-28 daerah yang bisa mendapatkan layanan Lumbung Pangan Jatim tersebut ialah Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Jember.

Baca juga: Bank Dunia: Tak Ada Jalan Tikus Pulihkan Ekonomi karena Corona

Sekjen Gerindra Balas Kritik Cak Imin soal Proyek Food Estate Gagal

Sebelum sembilan daerah itu, Lumbung Pangan Jatim telah hadir lebih dulu di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

Khofifah mengatakan, layanan Lumbung Pangan Jatim ini terus diperluas sebagai perluasan sasaran layanan. Dengan target, agar masyarakat bisa tenang, mudah dan dekat untuk bisa mengakses bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

Bahkan tak jarang, lumbung pangan ini dijadikan tempat kulakan bagi warga Jatim yang berjualan toko kelontong sembako. Sebab, harganya di bawah pasar membantu mereka mendapatkan sembako lebih murah dan bisa membeli dalam jumlah ecer.

"Harapannya seluruh titik pantau BPS di Jatim akan akan bisa disasar oleh Lumbung Pangan Jatim. Agar lumbung pangan ini bisa dijadikan referensi dalam menjaga stabilitas harga pangan di Jawa Timur. Supaya harga bahan pangan itu tidak naik turun, karena di lumbung pangan itu harganya tidak naik. Yang sering malah terus turun,” ungkapnya.

Untuk warga di daerah sasaran Lumbung Pangan Jatim yang ingin belanja sembako murah di Lumbung Pangan Jatim bisa memilih belanja via website di https://lumbungpanganjatim.com/ dengan pembayaran lewat bank. Atau melakukan pemesanan online dengan sistem bayar di tempat (COD) melalui What'sApp di nomor 0811-334-0033. 

Pembelian online sembako murah ini akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari Jatim Expo Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia. Maksimal waktu pengiriman adalah dua hari. Pembelian bahan pangan murah dengan harga di bawah pasar bisa dilakukan dengan minimal pembelian Rp60 ribu, dan maksimal berat pembelanjaan adalah 20 kilogram.

“Kami berharap dengan perluasan yang kami lakukan bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Tentunya selain adaptasi baru new normal, kami juga ingin agar masyarakat mendapatkan rasa tenang karena ada ketersediaan bahan pangan yang murah dan melimpah,” tuturnya. (art) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya