Jokowi Janjikan Produksi Vaksin, Rupiah Dibuka Menguat Rp14.590

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami penguatan pada perdagangan hari ini, 23 Juli 2020. Rupiah bergerak di kisaran Rp14.600 per dolar AS.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Baca Juga: Pelaku Pasar Fokus Pemulihan Ekonomi, Rupiah Kembali Perkasa

Pada pembukaan perdagangan di pasar spot, seperti dilihat pukul 09.00 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.595 per dolar AS, menguat 0,38 persen dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.650.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level 14.669 per dolar AS. Sedikit di atas nilai tengah kemarin di level Rp14.655.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, sentimen positif pelaku pasar keuangan hari ini tertuju pada fokus pemerintah Indonesia menggelar uji coba Vaksin Pandemi COVID-19.

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Melalui akun twitternya, Presiden Joko Widodo berjanji jika riset vaksin berhasil, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma bakal memproduksi dengan kapasitas 100 juta dosis per tahun.

"Obat dan vaksin menjadi kuncinya. Begitu sarana untuk membasmi virus corona sudah tersedia, maka dunia akan kembali hidup normal dan roda ekonomi berputar lagi," kata dia dikutip dari analisisnya, Kamis 23 Juli 2020.

Selain di Indonesia, beberapa uji coba vaksin dilakukan juga oleh AstraZaneca bekerja sama dengan Oxford University, CanSiono Biologics dan divisi riset militer China, serta BioNTech dan Pfizer.

"Uji coba awal terhadap tiga kandidat vaksin corona yang menunjukkan hasil yang positif, sehingga optimisme pelaku pasar meningkat. Rupiah kemungkinan masih akan menguat di level 14.600-14.685," ucap dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya