Jokowi 'Sentil' Menteri Teten agar Gerak Cepat Cairkan Kredit UKM

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool

VIVA – Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, untuk bergerak cepat. Jokowi meminta relaksasi dan pencairan kredit bagi wirausaha kecil segera dilaksanakan. Ini lantaran ekonomi dunia, lanjut Kepala Negara, sudah makin tidak keruan.

"Saya juga sudah perintah cepat berikan yang namanya relaksasi. Berikan yang namanya restrukturisasi kepada UKM kepada koperasi secepat-cepatnya, agar tidak kena imbas dari pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat," kata Jokowi pada acara Penyaluran Dana Bergulir Untuk Koperasi Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, Istana Negara, yang juga dihadiri Menteri Teten pada Kamis pagi 23 Juli 2020.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Baca juga: Investasi Dalam Negeri Seret, Bank Diminta Cepat Cairkan Kredit

Jokowi menyatakan, hampir semua negara mengalami kesulitan saat ini. Ia pun sedikit lega, baru mendapat laporan bahwa Lembaga Pengelola Dana Bergulir Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) bakal mengucurkan uang Rp1 triliun untuk diberikan ke koperasi.

"Oleh sebab itu kita berharap di kuartal III ini kita sudah harus naik lagi. Kalau tidak, ndak ngerti saya betapa akan sulit kita," kata dia.

Jokowi meminta, lembaga Pengelola Dana UMKM di bawah Kementerian Koperasi ini, tidak mengenakan bunga tinggi. Selain itu, ia juga mengingatkan, agar proses pencairan dana tidak berbelit-belit.

"Jangan menunggu. Proses sederhanakan. Saya tidak ingin koperasi tutup, baru dibantu, tidak ada artinya. Begitu juga ke pelaku usaha, bantu mereka. Gunakan bantuan modal kerja ini untuk menggerakkan ekonomi utamanya di daerah," kata dia. (ren)

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cara Presiden Jokowi yang bagi-bagi bansos dekat spanduk pasangan 02 Prabowo-Gibran di Serang, Banten dipersoalkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024