Intip Cara Unik Kembangkan UMKM di Era Adaptasi Kebiasaan Baru 

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Dampak virus corona telah menjajah hampir seluruh lini bisnis di seluruh dunia. Salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang ada di Indonesia, padahal industri ini ikut menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Untuk itu, di era kebiasaan baru kali ini, upaya membangkitkan kembali industri UMKM perlu dilakukan. Seperti dengan menggelar konferensi dan pameran UMKM secara virtual guna menjaga semangat berwirausaha dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Konferensi dan pameran UMKM secara virtual kali ini digelar oleh Wirakarya. Upaya ini dilakukan untuk memperingati hari jadi Koperasi, yang jatuh setiap tanggal 12 Juli, dan menjadi pameran UMKM virtual pertama di Indonesia.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Ketua BPP AKU, GKR Mangkubumi yang memprakarsai kegiatan ini, mengatakan bahwa dengan konsep pameran secara digital ini bertujuan untuk merangkul pelaku UMKM agar mememulai untuk bertransformasi ke arah digitalisasi.

Menurut dia, perubahan global secara signifikan dipengaruhi oleh pandemi COVID-19, berdampak pada lumpuhnya sektor ekonomi dan menuntun pelaku usaha berpikir dan berinovasi agar tetap produktif dimasa sulit seperti saat ini.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Selain itu, UMKM sebagai pondasi ekonomi kerakyatan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak agar dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi negara.

Sementara itu, GKR Mangkubumi menjelaskan bahwa yang membedakan event pameran virtual yang Wirakarya selenggarakan dengan platform market place yang ada saat ini adalah pertama, pengunjung tidak perlu melakukan download aplikasi untuk dapat menikmati acara ini, hal ini bertujuan untuk mengajak para pelaku UMKM dan masyarakat umum untuk beradaptasi kepada perkembangan teknologi.

Kedua, pameran virtual Wirakarya 2020 menyajikan konsep promosi pemasaran produk-produk UMKM dengan cara interaktif sehingga pengunjung tidak hanya dapat melihat display produk-produk yang dijual saja melainkan dapat melihat secara langsung proses produksi, cara pemakaian produk hingga bentuk atau konsep kerja sama yang ditawarkan. 

Selain itu, pengunjung dapat menikmati rangkaian kegiatan yang menambah pengetahuan melalui acara talkshow, eksklusif workshop dan sharing workshop yang menampilkan topik-topik mengenai mikro usaha UMKM di era digitalisasi.

“Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi bagi pelaku UMKM untuk terus berkarya dalam tantangan pandemi dan era digital, sehingga mampu menguatkan sector ekonomi bangsa Indonesia,” jelas GKR Mangkubumi dalam keterangannya, Kamis 23 Juli 2020. 

Adapun acara ini diprakarsai oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), BPP AKU dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Dan dapat diakses melalui sebuah portal website di www.wirakarya.sme.id. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24–26 Juli 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya