Idul Adha, Ini Daftar Tiket Kereta yang Dapat Diskon hingga 25 Persen

Ilustrasi penumpang membeli tiket Kereta Api.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan potongan tarif hingga 25 persen untuk perjalanan kereta api (KA) jarak jauh. Promo ini berlaku hingga awal Agustus mendatang.

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan, promo big sale ini merupakan wujud apresiasi kepada pelanggan KAI dalam menyambut libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Dia menjabarkan, potongan tarif hingga 25 persen, yaitu KA Bima (Gambir-Malang), Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi), Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi), Turangga (Gambir-Surabaya Gubeng), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan), dan Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan).

Perpanjangan Diskon Tarif LRT Jabodebek hingga April 2024 Tergantung Hal Ini

"Potongan yang diberikan cukup menarik. Contohnya KA Bima sebelumnya Rp650 ribu menjadi Rp500 ribu, Turangga Rp630 ribu menjadi Rp500 ribu, dan Argo Dwipangga dari Rp440 ribu menjadi Rp360 ribu," ujar Joni dikutip dari keterangannya, Selasa, 28 Juli 2020.

Promo big sale ini berlaku untuk perjalanan KA tanggal 30 Juli sampai dengan 2 Agustus 2020. Tiket yang mendapatkan promo jumlahnya terbatas. Tiket dapat dipesan di aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

KAI Siapkan 3 Kereta Api Tambahan di Semarang saat Arus Mudik, Cek Rutenya

"Potongan harga ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Melalui promo tersebut, KAI yakin minat masyarakat akan layanan kereta api akan semakin meningkat," ujar Joni.

Dikutip VIVA Bisnis berdasarkan data KAI, pada periode 20 sampai dengan 26 Juli KAI melayani 48.295 pelanggan KA jarak jauh. Jumlah itu naik 11 persen dibanding minggu sebelumnya yaitu 43.368 pelanggan.

Dia menegaskan, KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan, seperti mengisyaratkan surat keterangan bebas COVID-19. Kemudian, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Pelanggan KA jarak jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun (infant) agar membawa face shield pribadi.

Baca juga: Daftar Harga Apartemen Mewah di 5 Kota Asia, Jakarta Paling Murah

KAI juga sudah bekerja sama dengan RNI menghadirkan layanan rapid test seharga Rp85 ribu di 12 stasiun, dengan jam pelayanan rapid test di stasiun adalah 07.00-19.00. Bagi pelanggan yang keberangkatan keretanya di bawah pukul 07.00 dan ingin memanfaatkan layanan rapid test, agar melakukannya minimal 1 hari sebelum jadwal keberangkatan.

"Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan berbagai layanan dan potongan harga tersebut untuk bepergian menggunakan kereta api," kata Joni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya