Indonesia-Singapura akan Kerja Sama Travel Bubble, Apa Itu?

Pelabuhan Sekupang Pintu Masuk Indonesia-Singapura
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Pemerintah Indonesia dan Singapura berencana menerapkan travel bubble. Tujuannya untuk memulihkan kembali sektor transportasi kedua negara di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19).

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Hal tersebut diusulkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung. Keduanya melakukan pertemuan secara virtual kemarin. 

"Pembentukan travel bubble dilakukan untuk menormalkan atau membuka kembali konektivitas transportasi antar kedua negara," kata Budi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 31 Juli 2020.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Budi menekankan, di tengah masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Indonesia sedang berupaya memulihkan konektivitas penerbangan internasional dari dan ke Indonesia. 

Oleh sebab itu travel bubble diharapkan jadi solusi karena travel bubble adalah usaha menciptakan koridor perjalanan yang menjamin keamanan dan keselamatan wisatawan atau pebisnis dalam melakukan kunjungan saat pandemi.

Syahrini dan Reino Barack Manjakan Diri di Hotel Mewah Rp27 Juta per Malam di Singapura

"Membuka kembali konektivitas transportasi antar kedua negara dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, sehingga perjalanan tetap aman dan sehat,” ungkap dia.

Budi mengklaim, Ong Ye Kung menyambut baik inisiasi tersebut dan bersedia untuk membahas lebih intensif terkait usulan pembentukan travel bubble antara Indonesia-Singapura. (ren)

Baca juga: Tak Perlu Ada Laporan, Polisi Selidiki Kasus Viral Seks Fetish Bungkus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya