Ombudsman Sebut Beberapa Pengangkatan Komisaris di BUMN Tabrak Aturan

Anggota Ombudsman RI, Alamsyah Saragih, di Jakarta, Minggu, 28 Juni 2020.
Sumber :
  • Ombudsman.go.id

VIVA – Ombudsman RI (ORI) mengungkapkan terdapat sejumlah komisaris yang diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir masih merangkap jabatan. Menurut anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih, beberapa proses pengangkatan komisaris BUMN yang dilakukan Erick Thohir itu juga melanggar aturan yang berlaku.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

“Di 2020 ini ada beberapa pergantian (komisaris BUMN) oleh Pak Menteri Erick. Tapi catatan kami, pergantian-pergantian itu tetap menabrak aturan,” kata Alamsyah kepada awak media secara virtual, Selasa, 4 Agustus 2020.

Baca juga: Jokowi Perintahkan BUMN hingga Pemda Belanja Masker Sebanyak-banyaknya

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Namun Alamsyah enggan menyebut terang siapa komisaris yang pengangkatannya diduga melanggar aturan. Menurut dia, ada waktunya nanti data akan dijelaskan secara rinci. 

“Saya merasa belum waktunya menyebut nama-nama, tapi nanti kami setelah bertemu dengan kementerian BUMN, kami harap ada serangkaian perbaikan korektif. Tapi bila tidak maka Ombudsman akan mengeksplorasi nama-nama yang menurut kami cacat prosedur atau bertentangan dengan hukum,” imbuhnya.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Lebih jauh, dikatakan Alamsyah, dalam waktu dekat ORI akan memberikan saran tertulis ke Presiden Jokowi terkait permasalahan ini. Setelah itu, baru lah ORI akan bertemu dengan perwakilan Kementerian BUMN untuk membahas rangkap jabatan ini.

“Setelah memberikan saran ke Presiden langkah berikut akan duduk bersama kementerian BUMN untuk melihat proses administrasi dalam proses rekrutmen ini,” imbuhnya. (ren)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024