Catat, Insentif Pekerja di Bawah Rp5 Juta Berbentuk BLT dari Negara

Buruh di pabrik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Pemerintah akan memberikan bantuan kepada karyawan bergaji kecil. Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang memastikan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bagi karyawan bergaji di bawah Rp5 juta.

KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Menteri yang akrab disapa Ani itu menjelaskan, anggaran yang bakal dikucurkan untuk rencana tersebut mencapai sebesar Rp31 triliun, untuk 13 juta pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Baca juga: Usaha Padat Karya Dapat Kredit Rp10 Milliar-Rp1 Triliun, Syarat Ringan

Insentif Pendamping Proses Produk Halal dan LP3H Cair Rp 81,4 Miliar Jelang Lebaran

"Pemerintahan juga akan memberikan bantuan gaji bagi mereka yang berpendapatan di bawah Rp5 juta, yang sekarang diperkirakan bisa mencapai 13 juta pekerja dengan anggaran kira-kira Rp31 triliun," kata Sri Mulyani dalam telekonferensi, Rabu, 5 Agustus 2020.

Ani memastikan bahwa berbagai langkah peningkatan belanja masyarakat akan terus ditingkatkan. Selain itu, bantuan sosial juga akan ditambah agar masyarakat tetap bisa produktif. "Misalnya bansos produktif mendekati Rp30 triliun," ujarnya.

Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif Guru PAI Non ASN, Per Orang Dapat Rp1,5 Juta

Diketahui sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, langkah extraordinary semacam itu perlu diambil agar Indonesia bisa terhindar dari resesi. "Pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha termasuk BUMN, harus sama-sama ikut berpartisipasi," ujarnya.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan menegaskan Tim Cook menyampaikan minatnya untuk investasi di Indonesia, dan rencana ini akan ditindaklanjuti oleh kedua tim.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024