Fitch Beri Peringkat Utang RI BBB, IHSG Diprediksi Menguat

Layar monitor pergerakan saham dan IHSG
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 5.195 pada pembukaan perdagangan Rabu 12 Agustus 2020. Posisi itu menguat 5 poin atau 0,10 persen, dibanding penutupan perdagangan Selasa 11 Agustus 2020 di level 5.190.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi memprediksi, IHSG akan bergerak kembali menguat pada perdagangan hari ini, ditopang oleh sentimen positif dari rating Fitch.

"Di mana rating utang Indonesia mendapatkan peringkat BBB dengan outlook stabil oleh Fitch Rating," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Rabu 12 Agustus 2020.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

Lanjar menjelaskan, peringkat ini berhasil menyeimbangkan prospek pertumbuhan jangka menengah yang masih menguntungkan, dan rasio utang pemerintah terhadap PDB yang rendah terhadap ketergantungan yang tinggi pada pembiayaan eksternal.

Fitch Rating memperkirakan ekonomi Indonesia dapat rebound hingga 6,6 persen pada 2021, dan 5,5 persen pada 2022. "Diperkirakan IHSG akan bergerak kembali menguat dengan support resistance 5.159-5.280," ujarnya.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Lanjar pun memberikan rekomendasi mengenai saham-saham apa saja yang dapat dicermati, diantaranya yakni AKRA, BNGA, BRPT, HMSP, MAIN, PTPP, PWON, TOWR.

Sementara secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, support dan resistance berada pada level 5.097,14 maupun 5.233,17.

Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross. Meskipun demikian, Stochastic dan RSI menunjukkan sinyal positif.

"Selain itu, pergerakan IHSG masih bertahan di atas garis MA 20 dan terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan, sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya