Raih Pendanaan Seri B, eFishery Dapat Dukungan 4 Ventura Asing

Produk pakan ikan dan udang eFishery.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perusahaan rintisan Aquaculture Intelligence di Indonesia, eFishery meraih pendanaan Seri B, yang dipimpin oleh Go-Ventures dan Northstar Group dengan partisipasi dari investor lainnya, termasuk Aqua-spark dan Wavemaker Partners.

Kolaborasi dengan Pelaku Start-Up, Kaesang Ingin PSI Lebih Anak Muda

Co-founder dan CEO eFishery, Gibran Huzaifah mengatakan pendanaan ini akan digunakan perusahaan untuk mendukung pengembangan produk, memperkuat posisi eFishery dalam industri akuakultur domestik, serta mengembangkan tim mereka.

Menurut Gibran, perusahaan yang dibentuk pada 2013 dan berbasis di Bandung ini, menawarkan sebuah end-to-end platform dengan memberikan layanan bagi pembudidaya, berupa penyediaan pakan serta akses finansial dan jaringan pasar. 

Pidato, Gibran Rakabuming Raka Sampaikan Visi Misi Dari Dana Abadi Pesantren Hingga KIS Lansia

Layanan yang ditawarkan eFishery telah menjangkau lebih dari 24 provinsi dan melayani ribuan pembudidaya ikan dan udang di seluruh Indonesia. eFishery sebelumnya telah memperoleh pendanaan pra-Seri A pada 2015 dan Seri A pada 2018. 

"Bisnis eFishery kini telah mencapai empat kali lipat dalam empat tahun terakhir dan menjadi bisnis yang menguntungkan selama dua tahun terakhir," ujar Gibran kepada media, dikutip Rabu, 12 Agustus 2020.
 
VP of Investments Go-Ventures, Aditya Kumar mengatakan solusi eFishery, yang langsung mendukung pembudidaya lokal mengatasi permasalahan yang lebih luas. Seperti memperkuat rantai pasokan makanan, mengurangi kekurangan pangan global, dan membantu meningkatkan industri perikanan dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. 

Unair Beri Pendampingan untuk Pelaku Usaha Pemula

"Kami berharap dapat melihat manfaat-manfaat tersebut tumbuh secara eksponensial ketika eFishery berkembang secara domestik saat ini dan secara regional di kemudian hari,” kata Aditya.

Sementara itu, Co-founder Northstar Group, Partrick Walujo mengatakan pihaknya sangat tertarik untuk membantu karena terinspirasi oleh dampak positif yang diberikan oleh eFishery terhadap rantai pasok sektor akuakultur.

Menurutnya, kemampuan perusahaan untuk menyajikan perangkat pintar terbaru yang terintegrasi dengan analisis seluler berbasis cloud kepada para pembudidaya, telah mentransformasi cara berbisnis yang amat tradisional di Indonesia. 

"Kami bangga dapat bermitra dengan tim eFishery dan kami melihat hal-hal luar biasa akan dilakukan ke depannya,” ujarnya.

Perlu diketahui pendanaan baru bagi eFishery akan digunakan untuk pengembangan perusahaan dan membuka akses baru atas produk ke seluruh Indonesia. Dengan pengenalan teknologi baru kepada pembudidaya ikan dan udang dapat meningkatkan hasil panen, menurunkan biaya operasional dan meningkatkan produktivitas budi daya mereka. 

Selain itu, upaya pengembangan itu bertujuan untuk membantu meningkatkan pendapatan para pembudidaya, dan yang lebih penting adalah turut serta membangun bisnis budi daya yang berkelanjutan dan memihak kepada pembudidaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya