Pekan Depan Bantuan Presiden ke UMKM Menengah Cair Ditransfer

Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Presiden Joko Widodo kembali menyerahkan bantuan modal kerja kepada para pedagang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jokowi kali ini menyebut hibah yang diberikan adalah Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kepada perwakilan yang menerima, bantuan juga bakal diberikan secara masif dalam waktu dekat.

"Jadi pemerintah nanti minggu depan akan membagikan yang namanya modal kerja darurat, namanya Banpres Produktif kepada 9,1 juta pengusaha kecil dan mikro untuk tambahan modal kerja," kata Jokowi saat penyerahan simbolis di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2020.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Jokowi mengatakan, bantuan produktif ini secara resmi nantinya lewat rekening masing-masing. Dalam kesempatan itu, ia menyadari, situasi pandemi COVID-19 telah memukul pelaku usaha.

Oleh karena itu, sejumlah bantuan diberikan pemerintah demi mengungkit perekonomian negara kembali bergairah.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Saya akan cek nanti setelah 1 bulan, 2 bulan, bertambah tidak omzet. Semoga semua membaik," tutur Kepala Negara.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah menetapkan syarat bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan bantuan modal kerja yang terdampak akibat COVID-19.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengungkapkan bahwa total anggaran program pemulihan ekonomi nasional untuk sektor UKM ini sebanyak Rp22 triliun. Bantuan tidak diberikan cuma-cuma. Pemerintah memberi syarat bahwa penerima bantuan belum menerima bantuan pinjaman dari perbankan.

"Dia belum pernah atau sedang menerima pinjaman dari perbankan, akan ditransfer sebesar Rp2,4 juta sekali transfer. Si penerimanya itu langsung ditransfer ke rekening penerima," kata Teten, Rabu, 12 Agustus 2020.

Baca juga: Rekonstruksi Klinik Aborsi Mengerikan Raden Saleh, Janin Biasa Dibakar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya