Erdogan Umumkan Temuan Sumber Gas Terbesar Sepanjang Sejarah

Presiden Erdogan umumkan cadangan gas terbesar sepanjang sejarah Turki.
Sumber :
  • @RTErdogan.

VIVA – Presiden Turki Racep Tayyip Erdogan mengumumkan, negaranya telah menemukan cadangan gas alam sebesar 320 miliar meter kubik di Laut Hitam. Temuan sumber gas baru ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah Turki.

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

Kepada media, Jumat Waktu setempat, Erdogan menjabarkan, cadangan gas tersebut ditemukan oleh kapal pemboran Minyak dan gas Fatih. Kapal itu diketahui telah beroperasi di daerah Laut Hitam sejak Juli lalu.

Erdogan mengatakan, semua tes dan pekerjaan rekayasa teknis untuk mengetahui sumber gas baru itu telah selesai. Temuan gas ini disebutkan adalah bagian dari sumber cadangan gas yang lebih besar lagi di area tersebut.

Top Trending: Bobon Santoso Tantang BEM UI hingga Warga Turki Tak Mengenal Nama Waktu Shalat

Baca juga: Ngotot RI Sudah Resesi, Rizal Ramli Sebut Pemerintah Kebiasaan Bohong

"Insya Allah, lebih banyak lagi (sumber gas) yang akan datang," tegasnya dikutip dari BBC, Sabtu 22 Agustus 2020.

Turki Menolak Pertemuan Trilateral Antara Armenia, AS dan UE Karena Ketidakhadiran Azerbaijan

Lebih lanjut Erdogan menjelaskan, ekstraksi cadangan gas tersebut akan dimuli pada 2023. Ketergantungan impor energi Turki juga akan merosot signifikan karena temuan ini.

"(Turki) tidak akan ada henti sampai kita jadi eksportir netto energi," tegasnya. 

Meski demikian, sejumlah ahli energi mengatakan, dibutuhkan waktu hingga 1 dekade untuk mengkonversi gas itu dan menjualnya secara komersial. Investasi yang dibutuhkan pun tidak sedikit hingga miliaran dolar AS.

Dalam kesempatan itu Erdogan pun mengumumkan, Turki telah mengirim kapal untuk melakukan survei pengeboran di daerah Mediterania Timur. Kapal Oruc Reis itu berangkat pada 10 Agustus lalu ditemani oleh lima kapal angkatan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya