Hapernas 2020, Kementerian PUPR Gelar Pameran Virtual Rumah Subsidi

Kementerian PUPR gelar pameran rumah subsidi secara virtual.
Sumber :
  • Vicky Fazri/VIVA.

VIVA – Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang jatuh setiap tanggal 25 Agustus sedikit berbeda pada tahun ini karena pandemi virus Corona. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun menggelar Pameran Perumahan Bersubsidi Pertama di Indonesia secara virtual.

BRI Targetkan Penyaluran 20.000 Unit KPR FLPP di 2024, Simak Persyaratannya!

Dalam sambutannya di acara peresmian pameran itu, Direktur Rumah Umum dan Komersial PUPR, Muhammad Hidayat mengatakan, pameran virtual ini merupakan kerja sama antara PUPR dan berbagai pemangku kepentingan. Termasuk 13 bank penyalur subsidi pembiayaan perumahan rakyat.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penyaluran secara simbolis subsidi pembiayaan rumah bagi 16.180 debitur perumahan rakyat. Terdiri dari 10.917 unit Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan 5.263 unit penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP.

Tawarkan Rumah Subsidi di Purwakarta dan Bandung, Perumnas: Cicilan Rp 900 Ribu Sampai Lunas!

Baca juga: Bisa Dapat Bunga KPR di Bawah 5 Persen di Pameran Properti Virtual Ini

Dari jumlah tersebut, akad massal KPR Sejahtera sebanyak 9.621 debitur dari 144 lokasi di seluruh Indonesia juga dilakukan hari ini. Sementara, sisanya 6.559 debitur sudah melakukan akad pada periode 1-24 Agustus lalu.  

Rumah Subsidi Dapat Pembebasan PPN 11 Persen dari Harga Jual

Peresmian pameran virtual ini dilakukan secara langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Direktur Rumah Umum dan Komersial PUPR Muhammad Hidayat, dan Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin. 

Pameran virtual ini digelar selama 5 hari berturut-turut dari 25-29 Agustus 2020. Hidayat berharap, semoga di tahun-tahun ke depan jumlah masyarakat yang dapat memperoleh rumah layak huni akan semakin bertambah.

"Khusus hari ini akan kita saksikan bersama akad kredit massal KPR Sejahtera sebanyak 9.621 di 144 lokasi di seluruh Indonesia. Dengan jumlah tersebut, menjadi titik balik keberhasilan sektor perumahan di tengah Pandemi yang menyebabkan penurunan di berbagai sektor," ujar Hidayat.

Selain melakukan acara akad terdapat rangkaian lainnya yang digelar dalam memperingati hari perumahan nasional tahun ini. Seperti lomba foto, video, dan artikel terkait Rumah # 1 yang telah dimulai pengumuman lomba mulai tanggal 19 Agustus. 

Selain Perumnas, 13 bank pelaksana subsidi perumahan yaitu BTN, BNI, BRI, Mandiri, BTN Syariah, BRI Syariah, BJB, dan Bank Jatim Syariah. Selanjutnya Bank Sumsel Babel, Bank Sulteng, Bank Kalsel Syariah, Bank NTB Syariah dan Bank Kepri Syariah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya