Pelonggaran PSBB Bikin Kredit Perbankan Naik, Ini Buktinya

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso mengungkapkan, penyaluran kredit perbankan Juli 2020 tercatat naik sebesar 1,53 persen atau mencapai Rp5.536,17 triliun. Persentase kenaikan itu lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan kredit Juni 2020, meski nilainya mencapai Rp5.549,24 triliun.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Wimboh memastikan, kenaikan pada tingkat penyaluran kredit perbankan itu masih akan naik pada bulan ini. Optimisme itu didukung oleh adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan sejumlah daerah.

"Sehingga hal tersebut memungkinkan terjadinya pergerakan transaksi, yang mampu mendorong kenaikan kredit," kata Wimboh dalam telekonferensi, Kamis 27 Agustus 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Baca juga: Curhat Penerima Subsidi Gaji Rp600 Ribu ke Jokowi Bikin Haru

Meski demikian, Wimboh mengakui bahwa jika kondisinya dilihat secara mingguan, terlihat masih adanya volatilitas pada aspek penyaluran kredit perbankan tersebut.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Namun, Wimboh mengaku optimistis bahwa hal itu akan terus membaik ke depannya, bahkan hingga akhir 2020.

"Bulan Juni (penyaluran kredit) 1,34 persen, Juli 1,53 persen, Agustus dan September diperkirakan juga akan meningkat, dan akan semakin membaik di akhir tahun nanti," ujarnya.

Sementara itu, jika dilihat dari aspek dana pihak ketiga (DPK) pada Juli 2020, Wimboh mengatakan, adanya peningkatan sebesar 8,3 persen. Dari posisi di bulan Juni yang hanya tumbuh 7,95 persen.

"Jadi ada tren perbaikan dalam DPK, yang secara konsisten masih cukup tinggi. Di mana pada bulan Maret 2020 tercatat 9,54 persen, April 8,87 persen, Mei 8,87 persen, dan Juni 7,95 persen," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya