Peternak Ayam Bakal Aksi Besar-besaran di Jakarta Besok

Peternakan ayam petelur di kawasan Cilodong, Depok, Jawa Barat. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Para peternak rakyat mandiri akan melakukan aksi demonstrasi damai pada Selasa 1 September 2020. Aksi besar-besaran itu akan dilakukan di depan kantor Kementerian Pertanian dan Istana Negara.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Aksi itu akan dilakukan sehubungan dengan berulangnya kembali kejadian anjloknya harga ayam hidup di tingkat peternak. Apalagi, jatuhnya jauh dari Harga Pokok Produksi (HPP) di tingkat peternak.

Dalam aksi itu, tuntutan dan aspirasi kepada pemerintah dan pihak terkait akan disuarakan. Khususnya, untuk menuntut kestabilan harga ayam hidup dan regulasi yang berpihak kepada peternak rakyat mandiri.

Wujudkan Swasembada Pangan, Kementan Bina Petani Muda Optimalkan Lahan Rawa

Baca juga: Impor Sepeda Melonjak, Pemerintah Terbitkan Aturan Baru

Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN), Sugeng Wahyudi, mengatakan, jatuhnya harga ayam di tingkat peternak untuk saat ini sudah sangat meresahkan para peternak. Penyebabnya adanya kelebihan pasokan.

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

"Kami peternak rakyat mandiri akan menyampaikan tuntutan dan aspirasi kepada pemerintah dan pihak terkait untuk menuntut kestabilan harga ayam hidup dan penegakan regulasi," kata Sugeng di Jakarta, Senin 31 Agustus 2020.

Sugeng mengungkapkan, setidaknya ada 1.000 peternak ayam yang akan ikut dalam aksi ini. Ia berharap, aksi ini bisa menyadarkan pemerintah dan lebih peduli terhadap keberlangsungan peternak ayam mandiri.

"Kami butuh perhatian khusus dari pemerintah, jangan sampai peternak ayam terus merugi," ujar dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya