Menteri Teten Luncurkan 'Kakak Asuh UMKM', Progam Smesco dan Blibli

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad Prasetya

VIVA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki mengapresiasi dan mendukung penuh program kerja sama Smesco Indonesia dengan Blibli.com, dengan tajuk 'Kakak Asuh UMKM' atau KAU. 

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Hal itu disampaikan dalam acara soft launching program itu yang dilakukan secara virtual. Teten mengatakan, perluasan pasar produk UMKM dan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) UMKM, sebaiknya memang harus dilakukan melalui kerja sama dengan platform digital.

"Langkah ini merupakan bagian dari percepatan program digitalisasi UMKM," kata Teten dalam telekonferensi, Senin 31 Agustus 2020.

Pameran Ini Fokuskan Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Baca juga: Impor Sepeda Melonjak, Pemerintah Terbitkan Aturan Baru

Apalagi, Teten mengakui bahwa saat ini telah terjadi perubahan perilaku konsumen dari ranah offline ke online.

Di Ecommerce Ini Terpantau Masih Tersedia iPhone 15 Series, Hari Ini Terakhir Pre Order?

Nilai transaksi e-commerce Indonesia terus meningkat tajam seiring 97 persen wilayah Indonesia yang sudah terhubung secara online.

"Banyak produk UMKM yang bagus dan dibutuhkan konsumen, namun belum terkoneksi ke pasar digital. Program ‘Kakak Asuh UMKM’ ini yang menghubungkan dan memperluas mereka dengan pasar lewat platform digital," tuturnya.

Karenanya, Teten menyebut, kalau UMKM mau masuk ke pasar digital, maka para pelakunya pun harus memperbaiki standar produk dan kapasitas produksinya.

"Karena, iklim bisnis di pasar digital itu tentunya membutuhkan kecepatan dan ketepatan," kata Teten.

Selain itu, kemitraan dengan usaha besar ini merupakan salah satu strategi Kemenkop-UKM agar UMKM bisa naik kelas. Termasuk di dalamnya meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia, yang saat ini masih di bawah angka ideal yakni kurang dari 4 persen.

"Secara kajian empiris sudah membuktikan bahwa kerja sama atau kemitraan usaha besar dengan UMKM mampu mendorong UMKM menjadi lebih tangguh," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya