Kena Dampak Negatif dari Panasnya AS-China, Rupiah Melemah

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Rabu, 2 September 2020. Rupiah kembali bergerak di kisaran Rp14.800 per dolar AS.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 2 September 2020: Global Bersinar, Antam Loyo

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di posisi Rp14.804 per dolar AS. Melemah dari nilai tengah kemarin Rp14.615 per dolar AS.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Sementara itu, perdagangan di pasar spot hingga pukul 10.00 WIB, rupiah ditransaksikan di kisaran Rp14.805 per dolar AS. Melemah 1,60 persen dari level penutupan perdagangan kemarin di posisi Rp14.572.

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, pada dasarnya terdapat sentimen positif pelaku pasar keuangan terhadap Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia yang naik.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

IHS Markit melaporkan PMI manufaktur Indonesia periode Agustus 2020 sudah kembali ke zona pertumbuhan atau zona positif, setelah angka indeks tercatat berada di level 50,8. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 46,9.

"Kalau sudah di atas 50, berarti pelaku usaha siap melakukan ekspansi. Angka PMI manufaktur Indonesia kini berada di titik tertinggi sejak Februari," kata dia dikutip dari analisisnya hari ini.

Akan tetapi, Ibrahim menekankan bahwa terdapat sentimen negatif di luar kondisi Indonesia yang memengaruhi pelaku pasar keuangan. Salah satunya adalah kembali memanasnya hubungan dagang AS dan China.

"AS mengatakan bahwa pihaknya sedang membangun dialog ekonomi bilateral baru dengan Taiwan dalam sebuah langkah yang pasti akan membuat marah Beijing," ujar Ibrahim.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya