PSBB Total di Jakarta Bikin Lemah Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dolar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah signifikan pada perdagangan hari ini, Kamis, 10 September 2020. Rupiah ditransaksikan di kisaran atas Rp14.800 per dolar AS.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di posisi Rp14.871 per dolar AS. Jauh lebih tinggi dari level nilai tengah kemarin di posisi Rp114.853 per dolar AS.

Sementara itu, perdagangan di pasar spot hingga pukul 10.00 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.844 per dolar AS. Melemah 0,30 persen dari level penutupan perdagangan kemarin di posisi Rp14.799 per dolar AS.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Baca juga: 11 Bidang Usaha yang Boleh Beroperasi saat PSBB Total di Jakarta

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim As Syuaibi, mengatakan kondisi tersebut tidak terlepas dari reaksi pelaku pasar dan keuangan terhadap pengumuman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

"Penyebaran pandemi virus corona di Indonesia terus mengkhawatirkan terutama di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan gamblang mengatakan bahwa kondisi saat ini sangat mengkhawatirkan," katanya seperti dikutip dari analisisnya hari ini.

Senada, Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menekankan, kondisi tersebut juga diperburuk dari kebijakan Universitas Oxford. Mereka menghentikan sementara uji coba vaksin COVID-19 yang dikerjakan bersama AstraZeneca PLC.

"Pasar juga masih mewaspadai isu hubungan AS dan Tiongkok yang memanas dan penghentian sementara pengujian vaksin AstraZeneca tahap 3. Sementara dari dalam negri isu pemberlakuan PSBB juga bisa menjadi penekan untuk rupiah," tegas dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya