100 Hektare Kawasan BSD City Bakal Jadi Kota Pintar Berkonsep TOD

Kawasan Intermoda BSD City,
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Anak usaha raksasa properti RI, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk, memulai kerja samanya dengan Mitbana Pte Ltd, sebuah perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation. BSD City akan diubah menjadi kota pintar dengan konsep Transit Oreinted Development (TOD).

Deretan 'Privilege' yang Didapat PIK-BSD Usai Ditetapkan Jokowi Jadi PSN

Mitbana sendiri merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura. Mereka dengan fokus untuk pengembangan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengungkapkan, dengan kerja sama ini BSD City akan menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Hal itu tentu akan semakin mengakomodir kepentingan warga di kawasan itu.

Permintaan Hunian Segmen Premium Tinggi, Sinar Mas Land Luncurkan Trésor di BSD City

Baca juga: Ojol hingga ART Lebih Takut Hilang Mata Pencaharian Ketimbang Corona

"Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia," ujar Michael dikutip dari keterangannya, Minggu 13 September 2020.

HAPIMART Ritel Asal Tiongkok Resmi Beroperasi di ITC Cempaka Mas

Dia menjabarkan, kerja sama ini melengkapi data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia bahwa Singapura menjadi penanam modal asing tertinggi di Semester I 2020. Dengan jumlah US$3,4 miliar yang mmencakup 5.348 proyek. 

Di periode yang sama, Jepang menempati posisi penanam modal asing kedua dengan investasi sejumlah 2,4 miliar dollar AS (3,3 miliar dollar Singapura) melalui 3.708 proyek di Indonesia. 

"Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land merupakan bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan memperbaharui komitmen ketiga perusahaan dalam sinergi ekonomi," tambahnya.

Sementata itu Chief Executive Officer Mitbana Gareth Wong mengatakan, banyak daerah di Indonesia yang memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan. Hal itu tentu menjadi menjadi peluang besar untuk Mitbana.

"Kami bersemangat mewujudkan visi kita bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat dunia sedang berjuang dalam pandemi COVID-19, Mitbana mencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan.

Karena itu, kerja sama dengan Sinar Mas Land untuk memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia.

"Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan kami tunjukkan dalam waktu yang akan datang,” tambahnya.

Chong Lit Cheong, Chairman Mitbana and Group Chief Corporate Officer Surbana Jurong menjelaskan, pihaknya akan mengaplikasikan keahlian yang dimiliki di berbagai bidang dalam kerja sama ini. Seperti perancangan kota dan infrastruktur.

"Kita menuju proyek TOD modern di Indonesia yang memaksimalkan kenyamanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Mitsubishi Corporation di Singapura dan anggota dewan Mitbana, Hiroshi Nakanishi mengaku optimistis, potensi perkembangan Indonesia akan besar di masa depan. Karena itu, pihaknya akan memberikan produk dan teknologi terbaik dalam proyek ini.

Seperti diketahui, BSD City adalah kawasan properti berskala kota yang dikembangkan Sinar Mas Land di Tangerang, Banten. Pembangunannya dimulai sejak 1980-an dan terus berkembang dengan beragam fasilitas, seperti pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, dan convention centre.

Sejalan dengan pengembangan tersebut, Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektare di BSD City dengan konsep TOD. Pengembangan ini dapat turut dinikmati oleh lebih dari 200 ribu orang yang sekarang tinggal dan beraktivitas di BSD City.

BSD City sendiri telah dipercaya sebagai tuan rumah bagi beragam perusahaan ternama, seperti Apple Developer Academy dan Grab yang merupakan perusahaan transportasi online dari Singapura. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya