Bahas Bobrok Pertamina, Ini Isi Pertemuan Ahok dan Erick Thohir

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hiro

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggelar pertemuan dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pertemuan ini dilakukan usai pernyataan Ahok soal pembubaran Kementerian BUMN.

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan, pertemuan yang diawali dengan pemanggilan Ahok oleh Erick Thohir itu, dimaksudkan untuk mengklarifikasi polemik dalam beberapa hari terakhir. Pun, pertemuan juga untuk menerima masukan yang hendak disampaikan oleh Ahok.

"Jadi, pada pertemuan ini Pak Ahok menyampaikan apa yang dia lihat di Pertamina, apa saja kelemahan-kelemahan yang ada dan memberitahu semua ke Pak Menteri," kata Arya, Jumat 18 September 2020.

Timnas Indonesia U-23 Dirugikan Wasit, PSSI Layangkan Surat Protes ke AFC

Baca Juga: Usai Heboh Bongkar Aib Pertamina, Ahok Temui Erick Thohir

Arya memastikan, Erick Thohir menerima masukan-masukan yang disampaikan Ahok. Sebaliknya, Erick pun diakui Arya tak segan berbagi pandangan terkait hal dan informasi soal kondisi Pertamina.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

"Dari sini bisa disatukan dan sebagai Komut Pak Ahok memang ditugaskan Kementerian BUMN untuk melakukan pengawasan terhadap Pertamina. Itu bagian dari tugas Pak Ahok," lanjut Arya.

Dari pembicaraan itu, Erick akhirnya meminta kepada Ahok untuk membangun tim dan kerja sama yang kuat di internal Pertamina.

Tujuannya agar Pertamina bisa melakukan tranformasi di dalam perusahaan, sesuai dengan arahan dari pihak Kementerian BUMN.

"Tugas Pak Ahok memang salah satunya melakukan tranformasi di Pertamina, dengan melibatkan tim yang ada di dalam agar semakin kuat," kata Arya.

"Jadi keja sama tim (di internal Pertamina) diperkuat, dan itulah yang dimintakan Pak Menteri kepada Pak Ahok," ujarnya.

Figur Ahok kembali disorot karena pernyataannya soal kebobrokan sistem di BUMN terutama Pertamina. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bilang bila ia jadi Direktur Utama Pertamina, maka ada masyarakat yang tak senang dan rusuh. 

Ahok bahkan menyebut masyarakat itu sebagai kadrun (sering diasumsikan singkatan kadal gurun).

“Persoalannya kalau saya jadi dirut, ribut. Kadrun-kadrun mau demo, mau bikin gaduh lagi republik ini,” kata Ahok dikutip dari YouTube POIN pada Rabu, 16 September 2020.

Ahok mengusulkan, Kementerian BUMN harusnya dibubarkan sebelum Presiden Joko Widodo turun. Lalu, ia menyarankan membentuk Indonesia Corporation atau seperti Temasek. Konsep ini yakni penggabungan holding BUMN yang akan menjadi superholding.

“Persoalannya, Presiden tidak bisa mengontrol manajemen BUMN. Kita tidak ada orang,” tutur Ahok.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya