Alasan Jokowi Ngotot Banget Bangun Food Estate di Tanah Air

Para petani memotong padi saat panen raya serentak beberapa waktu silam di Buloh Beureughang, Kuta Makmur.
Sumber :
  • ANTARA/Rahmad

VIVA – Presiden Jokowi lagi-lagi mengingatkan jajarannya tentang rencana besar pemerintah membangun lumbung pangan atau food estate. Menurut Jokowi, rencana pengembangan lumbung pangan mengantisipasi peringatan dari PBB mengenai ancaman krisis dan juga antisipasi perubahan iklim.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini 23 September 2020: Global Naik Tipis, Antam Turun

"Serta juga tidak kalah pentingnya dalam mengurangi ketergantungan kita pada impor pangan. Ini penting," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas perihal food estate, Rabu, 23 September 2020.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Jokowi menyebut, untuk proyek pertama, pemerintah sudah menyiapkan lahan di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Hal itu sudah ditandai dengan hadirnya Kepala Negara ke salah satu wilayah di Kalimantan Tengah belum lama ini dengan sang 'pemimpin proyek' Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan.

"Ini yang ingin kita prioritaskan terlebih dahulu, meskipun juga ada rencana akan kita lanjutkan setelah ini sudah mulai pengerjaan di lapangan untuk di provinsi yang lain yaitu di Papua maupun di NTT dan di Sumatera Selatan. Tetapi ini apa akan kita diskusikan setelah yang dua ini betul-betul sudah bisa berjalan," kata dia.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Jokowi pun mengaku sudah mendapat laporan mengenai kemajuan terkait proyek. Meski ada kendala di kepemilikan lahan, menurut dia, hal itu wajar, karena menyangkut area yang luas ingin digarap.

"Saya yakin dan saya minta Menteri ATR/BPN ini bisa segera menuntaskan ini. Karena ini menyangkut sebuah area yang sangat luas," kata dia. (ase)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024