Genjot Kualitas Developer Muda, BTN Gandeng Iluni UI

Menara Bank BTN / Bank Tabungan Negara
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Sektor properti disebut masih bisa bertahan di tengah krisis akibat pandemi virus Corona atau COVID-19 saat ini. Meski sempat terkontraksi pada April dan Mei, dua bulan setelahnya permintaan akan kebutuhan rumah mulai menunjukkan perbaikan.

Dorong Milenial Jadi Developer Perumahan, BTN Pastikan Permudah Akses Pembiayaan Bisnis

Seiring dengan mulai naiknya permintaan akan perumahan, harus dipastikan sumber daya manusia (SDM), khususnya para pengembang atau developer muda juga siap memenuhi kebutuhan itu.

Hal tersebutlah yang menjadi dasar PT Bank Tabungan Negara Tbk dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), menandatangani nota kesepahaman. Dengan kerja sama ini, kedua pihak antara lain akan memberikan pelatihan bagi alumni UI yang sudah berkecimpung sebagai pengembang sektor properti, maupun baru akan terjun ke dalam bidang bisnis tersebut.

BTN Edukasi Santri Jadi Developer

Baca jugaLuhut Minta Sri Mulyani Kasih Duit Tambahan ke TNI AL dan Bakamla

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ini, dilakukan langsung oleh Direktur Utama BTN, Pahala Nugraha Mansury dan Ketua Umum Iluni UI, Andre Rahardian. Penandatanganan MoU diselenggarakan secara virtual.

Penetrasi Pasar Properti Aceh, BTN Syariah Dorong Generasi Milenial Jadi Developer

"Dengan program ini, tentunya kita dapat melahirkan para developer untuk memiliki skill yang baik untuk menjadi pengembang yang sukses dan tentunya memiliki etika kerja dan integritas yang baik," ujar Pahala dalam sambutannya di acara pembukaan Ruang Temu Property Developer di Jakarta, dikutip Kamis 24 September 2020.

Pahala memaparkan, pelatihan usaha pengembang properti penting karena sektor ini di Indonesia masih memiliki prospek untuk berkembang. Di antara negara-negara ASEAN misalnya, rasio mortgage atau pembiayaan perumahan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia relatif masih rendah. 

Yakni, dia melanjutkan, ada di posisi tiga persen atau masih di bawah Filipina yang 3,8 persen terhadap PDB. Posisi itu bahkan masih tertinggal jauh dari Thailand 22,3 persen dan Malaysia 38,4 persen.

Kondisi tersebut sejalan dengan masih tingginya backlog perumahan di Indonesia, yang mencapai 11,4 juta orang berdasarkan kepemilikan rumah, dan berdasarkan hunian sebanyak 7,6 juta orang. Dengan potensi besar itu tak mengherankan jika pada kuartal II-2020, ketika pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen, sektor properti masih tumbuh positif 2,5 persen.

"Sektor perumahan yang menjadi fokus BTN masih menjadi penggerak perekonomian nasional di tengah pandemi COVID-19. Bisnis di sektor perumahan di Indonesia masih memiliki prospek untuk ditingkatkan, meskipun masih memiliki beberapa tantangan dan dalam kondisi krisis pandemi COVID-19," tuturnya.  

Kerja sama antara BTN dan Iluni UI tak terbatas hanya pada pelatihan ini. Tapi, juga terbuka untuk program riset di bidang perumahan, konsultasi di bidang perumahan, serta kerja sama lainnya yang menguntungkan dan disepakati kedua pihak.

Implementasi awal dari MoU itu dilakukan dengan menggelar kegiatan Ruang Temu Property Developer. Yakni, pelatihan level dasar untuk alumni yang berniat terjun sebagai pelaku usaha pengembang properti. 

Materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini antara lain pendalaman aspek hukum developer properti dan tata cara pengurusan perizinan. Peserta dibekali pengetahuan mengenai aspek permodalan developer, skill set, dan marketing strategy serta pencarian serta pengurusan lahan. 

Ketua Umum Iluni UI, Andre Rahardian menyampaikan bahwa Ruang Temu Property Developer ini adalah program dari Millenial Business Center Iluni UI untuk mempertemukan alumni yang berkecimpung di bidang properti. Andre mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan reguler dan akan berkelanjutan antara Iluni UI dan BTN. 

“Semoga kerja sama ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, dan kolaborasi ini saling menguntungkan bagi Iluni UI dan BTN,” tutur Andre. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya