Pariwisata Bintan Anjlok 90 Persen Akibat Pandemi COVID-19

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto mengakui, dampak pandemi COVID-19 bagi perekonomian nasional, khususnya di sektor pariwisata, telah menghantam dengan sangat telak.

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

Bahkan, salah satu destinasi wisata nasional yakni di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan.

"Pendapatan sektor pariwisata di Bintan ini sudah turun 90 persen selama masa pandemi," kata Airlangga dalam telekonferensi, Jumat, 25 September 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: Pemerintah Siapkan Paspor Kesehatan Terkait COVID-19

Karenanya, Airlangga memastikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk kembali menggenjot roda bisnis di sektor pariwisata nasional, agar bisa kembali bangkit dari keterpurukannya saat ini.

Konflik Israel-Iran Memanas, Airlangga Sebut Stabilitas Keuangan Aman 

Sebab, selain Bintan, hal serupa juga dialami oleh destinasi wisata lainnya di seluruh penjuru Tanah Air, yang kehilangan pendapatan dan pemasukan daerah akibat pandemi COVID-19 ini.

"Selain (pariwisata) di Bintan yang terpukul akibat COVID-19, hal ini juga dialami berbagai daerah lain yang juga menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan," ujar Airlangga.

Di Bintan sendiri, Airlangga mencatat bahwa ada tiga juta lebih wisatawan mancanegara yang hilang, dengan kerugian yang mencapai sekitar US$15 juta.

Karena itu, pemerintah akan memberi stimulus guna membangkitkan sektor pariwisata Bintan dan di berbagai destinasi wisata lainnya, sebagai bentuk penyelarasan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional akibat dampak COVID-19.

Hal itu bahkan sampai termasuk dengan fasilitasi dari segi kesehatan, seperti melalui program imunisasi massal yang akan disiapkan oleh pihak Kementerian Kesehatan.

"Karena kami yakin bahwa perekonomian di Kepri ini akan bisa bangkit, khususnya di sektor pariwisata Bintan. Karena Bintan itu memiliki daya tarik yang spesial bagi wisatawan domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya