Airlangga Prediksi Ekonomi Kuartal III-2020 Bisa Minus Tiga Persen

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III-2020 sepertinya masih akan terkontraksi dan berada di level negatif.

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Baca Juga: Ketika Investor Galau Lihat Ekonomi dan Militer China Terus Tumbuh

Dia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga berada di kisaran minus 3 persen hingga minus 1 persen, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang juga terkontraksi mencapai minus 5,32 persen. 

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

"Diperkirakan outlook di kuartal ketiga adalah minus 3 persen sampai minus 1 persen," kata Airlangga dalam telekonferensi, Jumat 25 September 2020.

Karenanya, dari catatan tersebut, dia pun memprediksi bahwa outlook pada akhir 2020 bisa mencapai minus 1,7 persen hingga positif 0,6 persen.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Meski demikian, Airlangga meyakini bahwa pada 2021, kondisi tersebut sudah akan semakin membaik dibandingkan dengan saat ini.

"Forecast tahun depan, berbagai lembaga sudah menilai ekonomi kita akan kembali positif yaitu di kisaran 4,5 persen sampai 5 persen," ujar Airlangga.

Namun, dia pun menekankan bahwa prediksi tersebut hanya akan bisa diperoleh, apabila aspek kesehatan terkait penanganan pandemi COVID-19 sudah bisa teratasi.

Hal itu misalnya melalui upaya vaksinasi massal untuk COVID-19, dengan syarat ketersediaan vaksin yang hingga saat ini masih diupayakan dengan sangat gigih oleh pihak pemerintah.

"Tentu ini tergantung hasil ketersediaan vaksin seperti yang direncanakan oleh pemerintah, yang (jumlahnya) mendekati ke jumlah penduduk atau 270 juta vaksin," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya