Pameran Virtual Jembatan Ikonik RI, Intip Kecanggihan Pembangunannya

Jembatan Holtekamp, Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan Pameran Virtual Jembatan Ikonik di seluruh Indonesia pada 21 September - 2 Oktober 2020. Pameran itu pun disambut antusias oleh masyarakat.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pameran virtual bertema jembatan ikonik melalui digitalexpo.pu.go.id itu, merupakan upaya menyebarluaskan informasi dan mengedukasi masyarakat mengenai pembangunan jembatan.

Pameran kali ini lanjut Basuki, menampilkan 11 jembatan ikonik yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Jembatan itu dibangun menggunakan teknologi terbaru dan keunikan dalam desain.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Baca juga: Razia Vila Disewakan saat PSBB, Wisatawan Diusir dari Puncak Bogor

"Dalam pameran ini pengunjung dapat memperoleh informasi jembatan, melihat desain jembatan, dan juga mengunjungi galeri fotonya," ujar Basuki dikutip dari keterangannya, Minggu 27 September 2020.

Tragis, Satu Rumah Hanyut Terbawa Banjir di Gorontalo Utara

Basuki mengungkapkan, untuk menambah daya tarik, pameran ini juga memberikan fitur booth foto berlatarbelakang jembatan ikonik yang dapat diunggah ke media sosial. Ada pula fitur kolom komentar, kuis, serta poin dari mengunjungi tiap booth-nya, yang memberikan pengunjung kesempatan untuk mendapat hadiah menarik. 

Selain itu, setiap pengunjung juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari Kementerian PUPR atas kunjungannya pada pameran ini. Dengan fasilitas tersebut masyarakat diharapkan masih bisa menambah wawasannya meski pandemi Virus Corona melanda.

"Masyarakat dengan kondisi pandemi COVID-19 ini tidak perlu harus keluar rumah untuk melihat pameran, cukup dengan mengakses link pameran kami. Masyarakat di seluruh Indonesia sudah bisa melihat proses pembangunan 13 jembatan secara virtual," ujar Basuki.

Sebagai informasi, 11 jembatan ikonik ini adalah: Jembatan Youtefa di Papua, Jembatan Merah Putih di Maluku, Jembatan Bahteramas Teluk Kendari di Sultra, Jembatan Tumbang Samba, dan Jembatan Pulau Balang di Kalteng.

Kemudian, Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalsel, Jembatan Tano Ponggol di Samosir, Sumut, serta Jembatan Mangunsuko, Jembatan Turpogen, Jembatan Kali Kuto, dan Jembatan Kali Kenteng di Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya