Bank Dunia Kasih Usul ke RI agar Pulih dari Resesi, Begini Isinya

Gedung Perkantoran
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA – Resesi perekonomian Indonesia akibat COVID-19 semakin terkonfirmasi. Bank Dunia (World Bank) memperkirakan ekonomi Indonesia sepanjang 2020 minus 1,6 persen hingga minus 2 persen.

Selandia Baru Umumkan Negaranya Kini Memasuki Resesi

Baca Juga: Skema Terburuk Bank Dunia, Ekonomi RI 2020 Minus 2 Persen 

Meski begitu, Bank Dunia memperkirakan pemulihan ekonomi Indonesia bisa mulai terjadi pada 2021 dengan kisaran pertumbuhan di level 3-4,4 persen. Bank Dunia pun menyarankan sejumlah hal agar ekonomi cepat pulih.

Jokowi: Sudah Banyak Negara Masuk Jurang Resesi, Kita Patut Bersyukur

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo, menilai pada dasarnya ekonomi Indonesia memiliki momentum yang sangat baik untuk tumbuh tahun ini, jika tak ada COVID-19.

"Indonesia memiliki momentum yang luar biasa, salah satu negara yang memiliki beragam industri manufaktur setelah masa krisis keuangan," kata dia saat konferensi pers secara virtual, Selasa, 29 September 2020.

Jokowi Ingatkan Menteri Hati-hati Buat Kerangka Ekonomi 2025, Beberapa Negara Sudah Resesi

Akan tetapi, Aaditya melanjutkan, kinerja industri manufaktur Indonesia tidak sekencang negara-negara lain untuk menopang ekonominya. Ini disebabkan tidak terhubungnya rantai perdagangan Indonesia dengan perdagangan internasional.

"Meski demikian banyak terjadi kelesuan, dan Indonesia belum benar-benar terintegrasi dengan global power chain," ungkap Aaditya Mattoo.

Karena itu, dia menyarankan supaya Indonesia tidak hanya mengandalkan kekuatan pasar domestik semata. Sebab, percepatan pemulihan ekonomi bisa terjadi jika pemerintah melakukan reformasi struktural di sektor perdagangannya.

"Tapi kabar baiknya adalah pemerintah telah mengambil langkah-langkah dengan Omnibus Law untuk melakukan reformasi. Tapi, di satu sisi, Indonesia juga membutuhkan reformasi trade regime," tegas Aaditya Mattoo. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya