Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara

Proyek Jalan Tol Manado-Bitung (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Manado-Bitung pada ruas Manado-Danowudu pada siang hari ini, Selasa, 29 September 2020. Proyek tersebut adalah infrastruktur jalan bebas hambatan pertama di Sulawesi Utara.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Ruas yang diresmikan hari ini sepanjang 26 kilometer. Sedangkan keseluruhan, ruas jalan tol ini akan terbentang sepanjang 40 kilometer.

"Alhamdulillah jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sepanjang 26 kilometer sudah rampung dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat nanti," kata Jokowi, Selasa, 29 September 2020.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Baca juga: Akibat Resesi, Kemenkeu Prediksi Kemiskinan dan Pengangguran Melonjak

Jokowi bilang, gerbang tol ini sangat dekat dengan Bandara Sam Ratulangi. Jika sebelumnya jarak Manado-Bitung ditempuh satu setengah jam, kini terpotong menjadi jam setengah saja. Jokowi juga menyebut banyak potensi ekonomi di Sulawesi Utara.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Saya melihat Provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus kita kembangkan. Ada industri perikanan, ini terutama di Bitung. Ada sektor pertanian, ada sektor perkebunan dan juga banyak destinasi pariwisata. Pengembangan sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur termasuk di dalamnya adalah jalan tol," kata dia.

Menurut Jokowi, kehadiran sejumlah infrastruktur di Sulawesi Utara diharapkan meningkatkan daya saing. Dalam kesempatan itu, ia juga meminta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mengembangkan lagi kawasan ekonomi yang ada di Bitung. Tujuannya agar menarik investasi sebanyak-banyaknya.

"Dan dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang. Usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang," ujar Kepala Negara. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya