Satgas PEN Sebut Penyerapan Anggaran Penanganan COVID-19 Semakin Cepat

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Pemerintah mengklaim belanja untuk penanganan COVID-19 menunjukkan tren positif jelang penutupan kuartal III-2020 pada akhir September ini. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN), Budi Gunadi Sadikin, menuturkan, dari seluruh kementerian yang mempunyai program penanganan COVID-19, baik kesehatan maupun ekonomi, penyerapannya bisa dibilang memuaskan.

"Sehingga pada akhir September atau kuartal ketiga ini pencairan kita sudah semakin cepat," kata Budi, Rabu 30 September 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Baca juga: Bea Materai Rp10 Ribu Berlaku 2021, Begini Nasib Rp3 Ribu dan Rp6 Ribu

Budi bilang, hingga akhir September, sudah keluar uang sebanyak Rp304,6 triliun dari total anggaran Rp695,2 triliun. Artinya, sudah 43,8 persen anggaran terserap khusus untuk penanganan Corona.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Sejak didirikannya Satgas 20 Juli sudah bisa menyalurkan kurang lebih Rp255,22 triliun untuk empat program fokus utama kita. Secara mingguan bisa kita lihat di layar bahwa pencairannya makin lama makin cepat," ujarnya.

Keempat fokus utama itu adalah; perlindungan sosial, bantuan UMKM, pelaksanaan program di kementerian-lembaga dan pembiayaan koperasi. Ia berharap, kinerja pada kuartal keempat bakal lebih mengangkat pertumbuhan ekonomi negara hingga tutup tahun.

"Kami harapkan di awal Oktober dari kuartal keempat akan masuk gelondongan besarnya sehingga bisa membantu pertumbuhan kita di kuartal keempat ini," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya