Usai Diresmikan Jokowi, Jalan Tol di Utara Indonesia Gratis Dua Pekan

Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara.
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA – Usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 29 September 2020 lalu, jalan tol ruas Manado-Danowudu di Tol Manado-Bitung Sulawesi Utara digratiskan selama dua pekan. Jalan tol pertama di Utara Indonesia tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa tarif atau gratis.

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk

Baca Juga: PUPR Klaim Proyek Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Serap 1.000 Pekerja

Pejabat Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni, mengatakan kehadiran jalan tol baru ini akan memangkas waktu dan mempersingkat jarak tempuh dari Manado menuju Bitung; dari satu hingga dua jam perjalanan menjadi hanya ditempuh selama 20-30 menit saja.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

“Biasanya jarak tempuh dari Manado-Bitung satu sampai dua jam, sekarang sudah bisa ditempuh hanya dengan 20 sampai 30 menit saja,” ujar Agus Fatoni di Sulawesi Utara, dikutip dari Antara, Kamis, 1 Oktober 2020.

Agus mengungkapkan, dirinya optimistis rampungnya jalan tol terpanjang di Sulawesi ini akan menunjang pertumbuhan perekonomian daerah. Selain itu, proyek yang menelan anggaran Rp4,95 triliun ini dapat intergrasikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Pariwisata Likupang.

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

“Ini akan meningkatkan perekonomian serta konektivitas bisa lebih lancar dan dimanfaatkan untuk pengembangan di bidang-bidang yang lain,” ujarnya.

Untuk itu, Agus mengimbau seluruh masyarakat pengguna jalan tol selalu berhati-hati mengedepankan keselamatan ketika mengemudikan kendaraan di jalan tol. Ruas tol ini dibuka 24 jam dan selama dua pekan masih digratiskan namun tetap harus menggunakan kartu elektronik.

“Kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan jaga keselamatan. Tol ini dibuka 24 jam,” tutupnya.

Pengoperasian perdana penggunaan Jalan Tol Manado-Bitung turut dihadiri jajaran Forkopimda, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Pjs Bupati Minahasa Utara Clay June Dondokambey, para pejabat Pemprov Sulut dan PT Jasamarga Manado-Bitung. (ant/ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya