RI Deflasi 3 Bulan Berturut-turut, September 0,05 Persen

Kepala BPS Suhariyanto.
Sumber :
  • M Yudha Prastya/VIVAnews.

VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indonesia mengalami deflasi pada September 2020 sebesar 0,05 persen. Dengan begitu, inflasi tahun kalender tercatat sebesar 0,89 persen dan secara tahunan 1,42 persen.

Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Kadin Sebut PR Pemerintah 10 Tahun ke Depan Jauh Lebih Berat

Kepala BPS, Suhariyanto, mengungkapkan, kondisi ini membuat sepanjang kuartal III-2020 terjadi deflasi. Pada Juli 2020 deflasi 0,10 persen, Agustus deflasi 0,05 persen, dan September 0,05 persen.

"Berarti terjadi deflasi berturut-turut selama tiga bulan, jadi selama kuartal III-2020 Juli, Agustus, September terjadi deflasi," kata Suhariyanto saat konferensi pers, Kamis, 1 Oktober 2020.

13 Negara Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat Indonesia Mencengangkan!

Baca jugaMinta Industri Patuhi Protokol Corona, Menperin: Karyawan Aset Penting

Dia mengatakan, berdasarkan pemantauan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dilakukan di 90 kota, deflasi terjadi di 56 kota, sedangkan 34 kota mengalami inflasi. 

Heru Budi Bongkar Biang Kerok Inflasi Jakarta, Tarif Listrik-Harga Pangan

Deflasi tertinggi, Suhariyanto, menyatakan, terjadi di Timika sebesar 0,83 persen dan terendah di wilayah Bukittinggi, Jember, dan Singkawang sebesar 0,01 persen.

Sementara itu, inflasi tertinggi, kata Suhariyanto, terjadi di Gunungsitoli sebesar 1,00 persen dan inflasi terendah di Pontianak dan Pekanbaru yang masing-masing 0,01 persen.

Berdasarkan komponennya, inflasi inti pada bulan itu tercatat 0,13 persen, dengan andil 0,08 persen. Harga-harga bergejolak atau volatile food deflasi 0,6 persen, dengan andil 0,10 persen.

Adapun harga-harga yang diatur oleh pemerintah atau administered price mengalami deflasi 0,19 persen persen dengan andilnya 0,03 persen. Katanya, kondisi deflasi terjadi karena harga komoditas turun.

"Penyebab utamanya karena ada penurunan harga daging ayam ras, telur ayam ras, tarif angkutan udara dan harga bawang merah," tutur Suhariyanto. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya