Terakhir Deflasi Berturut-turut Usai Krismon, Sekarang Terjadi Lagi

Kepala BPS, Suhariyanto.
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – September 2020 menjadi pertanda nyata bahwa daya beli masyarakat semakin turun akibat dampak pandemi COVID-19. Deflasi kembali terjadi 0,05 persen, sehingga tiga bulan berturut-turut tidak ada inflasi di Indonesia.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, mengatakan, terakhir kali Indonesia mengalami deflasi berturut-turut adalah pada 1999 atau setelah terjadinya masa krisis moneter (krismon). Pada tahun itu deflasi terjadi sejak Maret hingga September.

"Deflasi berturut-turut terjadi pada tahun 1999. Pada waktu itu terjadi deflasi mulai Maret sampai September sehingga pada 1999 itu deflasi berturut-turut selama tujuh bulan," kata Suhariyanto, Kamis, 1 Oktober 2020.

Heru Budi Bongkar Biang Kerok Inflasi Jakarta, Tarif Listrik-Harga Pangan

Baca juga: Luhut Pimpin Rapat Penyediaan dan Target Vaksin COVID-19, Ini Hasilnya

Suhariyanto mengatakan, untuk tahun ini, deflasi berturut-turut memang hanya terjadi selama tiga bulan atau sepanjang kuartal III-2020. Namun, itu sudah menunjukkan bahwa daya beli masyarakat menurun.

BPS Catat Inflasi Februari 0,37 Persen, Disumbang Beras hingga Cabai Merah 

"Melihat angka-angka ini bisa disimpulkan pada September 2020 terjadi deflasi sebesar 0,05 persen. Dari sisi pasokan cukup tapi dari sisi permintaan nampaknya daya beli masyarakat masih rendah," tuturnya.

Turunnya harga-harga atau deflasi karena tidak adanya konsumen yang membeli suatu produk, mulai terjadi pada Juli 2020 dengan deflasi 0,10 persen. Kemudian Agustus 0,05 persen dan September 0,05 persen.

"Itu yang perlu diwaspadai deflasi September 2020, karena telah terjadi deflasi berturut-turut tiga bulan, artinya selama kuartal III daya beli masih lemah," ungkap Suhariyanto. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya