Gaet KoinWorks, BTN Tawarkan UMKM Properti Kredit hingga Rp1 Miliar

BTN kerja sama dengan KoinWorks.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk menandatangani kerja sama dengan platform fintech KoinWorks, dalam memberikan layanan kredit kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor properti.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Direktur Utama BTN, Pahala N Mansury, menjelaskan, kerja sama ini memungkinkan calon debitur UMKM di sektor properti dapat mengakses kredit dari BTN melalui KoinWorks, hingga senilai Rp1 miliar.

"Kredit dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam waktu lima hari," kata Pahala dalam telekonferensi, Kamis 8 Oktober 2020.

Inovasi untuk Menciptakan Produk yang Sesuai Kebutuhan

Baca jugaAda 4 Federasi Buruh Besar Disebut Pemerintah Dukung UU Cipta Kerja

Pahala berharap, kolaborasi dengan KoinWorks ini akan mampu mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas UMKM di Indonesia, khususnya yang bergerak di sektor properti.

Kiat Bijak Memilih Layanan Pinjaman Fintech: Produktif atau Konsumtif?

Melalui kerja sama penyaluran kredit bertajuk 'Pemberian Pinjaman dengan Skema Supply Chain Financing lewat platform KoinWorks' ini, BTN akan berupaya memberikan kesempatan bagi para UMKM untuk memiliki kemampuan bergerak lebih besar dalam rantai pasok di sektor properti.

Pahala menegaskan, hal itu tidak lain bertujuan untuk mengembangkan ekosistem di sektor properti hingga ke berbagai unsurnya. Termasuk kepada para pelaku UMKM yang ada di dalamnya.

"Dengan akses dan dana kredit Bank BTN melalui KoinWorks, kami berharap pelaku UMKM dapat mengisi rantai pasok di industri properti untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor tersebut," ujar Pahala.

Sinergi BTN dan KoinWorks diyakini akan mampu menjangkau semakin banyak pelaku UMKM. Di samping membuat analisis kredit dan customer experience menjadi lebih baik.

Sebab, kemitraan ini memungkinkan calon debitur UMKM di sektor properti, seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor, dapat mengakses kredit hingga Rp1 miliar melalui layanan KoinBisnis dalam platform KoinWorks.

"Di mana pada tahap awal, total nilai kredit dari BTN yang disalurkan melalui KoinWorks seluruhnya mencapai Rp75 miliar," ujarnya.

Hingga kini BTN telah membina 4.792 debitur UMKM di segmen konvensional maupun syariah. Terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian.

Per Agustus 2020, BTN tercatat telah menyalurkan kredit ke sektor Small Medium Enterprises (SME) sekitar Rp1,9 triliun, atau naik 18,19 persen secara year-on-year dari yang sebelumnya Rp1,63 triliun pada periode yang sama 2019. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya