Realisasi Serapan Anggaran PEN Terus Meningkat

Ketua Satgas PEN yang juga Wamen BUMN, Budi Gunadi Sadikin (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Realisasi serapan program pemulihan ekonomi nasional meningkat sangat signifikan di penutupan kuartal ketiga. Dari pagu Rp695,2 triliun, anggaran yang telah terealisasi senilai Rp318,5 triliun atau sekitar 45,8 persen.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, serapan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perekonomian Indonesia. Dari enam program pemerintah, penyerapan di empat program prioritas yang menjadi fokus Satgas PEN naik secara signifikan.

“Perlindungan Sosial, Dukungan UMKM, Sektoral K/L dan Pemda serta Pembiayaan Korporasi. Realisasi penyerapan anggaran mencapai Rp268,49 triliun per 30 September 2020, naik Rp151,10 triliun dari posisi minggu keempat Juli sebesar Rp117,39 triliun. Kami berharap sampai akhir tahun 2020 ini, seluruh anggaran dana PEN dapat kita salurkan,” ujarnya pada acara konferensi pers yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020. 

Kominfo Ancam Blokir 6 Platform Online Travel Agent yang Belum Daftar Sebagai PSE

“Pertambahan serapan minggu per minggu yang kita pantau menunjukkan hasil yang sangat signifikan terhadap penyerapan, utamanya empat sektor yang jadi prioritas kita,” ujarnya. 

Dia menjelaskan lebih lanjut, distribusi anggaran perlindungan sosial telah terserap 77,01 persen atau terealisasi senilai Rp157,03 triliun dari pagu Rp203,90 triliun. Program UMKM telah menyerap 68,72 persen atau Rp84,85 triliun dari pagu Rp123,47 triliun. 

Anggota BPK Achsanul Qosasi Didakwa Terima Uang Korupsi Proyek BTS Rp 40 Miliar

Sektor kementerian, lembaga dan pemda terealisasi 25,08 persen atau Rp26,61 triliun dari pagu Rp106,11 triliun.  Sementara pembiayaan korporasi akan mulai direalisasikan Oktober ini.

“Seperti arahan Pak Presiden, kesehatan pulih ekonomi bangkit. Jadi program kita perluas agar menimbulkan rasa aman dan berharap ekonomi dapat berputar kembali. Tetapi tentu saja protokol kesehatan harus dijalankan secara konsisten, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan agar roda ekonomi berputar dan kita dapat bangkit kembali,” katanya.

Apple AirTag.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, produk Apple mendominasi smartphone yang diimpor di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024