Libur Panjang Akhir Oktober, Penumpang Pesawat Bisa Naik 110 Ribu

Calon penumpang pesawat terbang di Bandara Soekarno-Hatta (foto Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kementerian Perhubungan memperkirakan bahwa libur panjang pada akhir Oktober 2020 akan mendorong jumlah penumpang angkutan udara. Jumlahnya pun diprediksi sampai ratusan ribu orang.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Baca Juga: Kepala BKPM: Realisasi Investasi Mulai Pulih, Tumbuh 1,6 Persen

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemhub, Novie Riyanto, mencermati realisasi data libur panjang pada Agustus 2020, diperkirakan terdapat kenaikan hingga 20 persen penumpang pada 28 Oktober-1 November 2020.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Di mana puncak keberangkatan penumpang diperkirakan terjadi pada Rabu, 28 Oktober 2020 dengan jumlah sebesar 110.000 penumpang," kata Novie dalam konferensi pers virtual, Jumat, 23 Oktober 2020.

Untuk jumlah puncak kedatangan penumpang atau arus balik dari saat liburan diperkirakan terjadi pada Ahad, 1 November 2020. Adapun jumlah penumpang akan naik lebih banyak, yakni mencapai 112.000 penumpang.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Untuk itu, dia memastikan bahwa Ditjen Perhubungan Udara akan fokus dan konsisten menerapkan protokol kesehatan baik oleh operator angkutan udara, bandara dan operator navigasi.

Selain itu, juga dilakukan antisipasi kebutuhan kapasitas apabila terjadi lonjakan penumpang yang signifikan pada slot time dan jam operasi bandara. Tujuannya supaya tingkat keterisian penumpang dalam angkutan tidak menumpuk.

"Jadi kami melakukan koordinasi yang erat dengan operator bandara, navigasi dan pesawat udara sehingga pengaturan slot jam terbang ini tidak terjadi saturasi terutama pada saat melakukan check in boarding, keluar dari pesawat.," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya