Jokowi: Saya Yakin UMKM Lebih Cepat Naik Kelas karena Milenial

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi menaruh harapan besar kepada wirausaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) untuk jangka panjang. Menurut dia, perkembangan zaman bersamaan dengan semakin majunya teknologi mendorong pelaku UMKM mengambil peran penting.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Baca Juga: Ramai Save Komodo, PUPR: Proyek Jurassic Park Tetap Lindungi Komodo

Setidaknya selama pandemi COVID-19, UMKM memanfaatkan digitalisasi dagang yang mana Indonesia punya pasar begitu besar.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

"Pandemi memaksa kita mengubah cara bekerja, cara belajar, cara berkonsumsi, cara bertransaksi dari sebelumnya lebih banyak offline ke online. Di sisi lain potensi pasar digital kita tumbuh sangat optimis. Karena populasi kita terbesar keempat di dunia. 270 juta jiwa," kata Jokowi, Senin 26 Oktober 2020.

Menurut Jokowi, penetrasi pasar internet terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan catatannya, baru 8 juta atau 13 persen dari 64 juta pelaku UKM telah terintegrasi dengan teknologi digital.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Saya yakin UMKM kita akan bisa cepat naik kelas. Dengan menjadikan UMKM milik kaum milenial sebagai motor penggerak. Yang muda punya kemampuan dan kelebihan. Karena bagian dari generasi digital native, yang sudah sangat akrab melek teknologi, dengan demikian prosesnya pasti lebih mudah dan lebih cepat," ujar mantan Wali Kota Solo tersebut.

Hanya saja, Kepala Negara mengingatkan, kemajuan ekonomi digital ini bukan berarti produk-produk asing merajalela di pasaran. Indonesia, kata dia, harus menjadi bagian penting dengan cara mengangkat produk dalam negeri. 

Hal lain yang menjadi perhatian Jokowi adalah soal penciptaan lapangan kerja. Menurut dia, bonus demografi yang tengah dialami Indonesia membutuhkan lapangan kerja dari para pelaku UKM juga.

"Sehingga kebutuhan atas lapangan kerja baru sangat- sangat mendesak. Untuk itu, kita butuh lebih banyak job creator. Para wirausaha muda yang menciptakan lapangan kerja baru," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Jika satu usaha milik kaum milenial mempekerjakan lima orang saja, sudah ada berapa ribu orang yang bekerja. Mendapatkan manfaat langsung dari transformasi usaha yang dilakukan anak-anak muda," lanjut Presiden Jokowi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya