Pantau Stasiun Senen, Menhub Fokuskan Protokol Kesehatan COVID-19

Menhub Budi Karya di Stasiun Senen saat pelaksanan libur panjang akhir Oktober.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya meninjau langsung pergerakan penumpang kereta api saat liburan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW di Stasiun Senen, Jakarta, Kamis, 29 Oktober 2020. Menhub ingin memastikan libur panjang kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Budi mengungkapkan, saat libur panjang ini Kemenhub ingin memastikan penumpang KAI tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga tak muncul kluster baru COVID-19.

“Jadi saya ke Stasiun Pasar Senen ini tuh dalam rangka memastikan libur panjang ini berlangsung dengan baik. Makanya tadi saya wanti-wanti dengan Kepala Daerah Operasi KAI untuk melakukan penjagaan lebih baik,” kata Menhub Budi ditanyai awak media di sela-sela kunjungannya ke Stasiun Pasar Senen. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Selain itu, Menhub juga berharap KAI dapat menerapkan jaga jarak penumpang pada saat naik kereta api. Hal ini, tekan dia, harus dikawal dengan baik. Lebih lanjut dia pun mengapresiasi KAI dalam upaya menerapkan protokol kesehatan. Budi mengatakan upaya ini harus dilakukan secara konsisten.

"Apa yang terjadi di sini saya pikir baik. Saya apresiasi yang dilakukan KAI. Kalau kami bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil," kata Budi.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Menhub Budi dalam kesempatan sama, beserta jajarannya turut membagikan masker kepada calon penumpang kereta api, baik yang tak menggunakan masker atau mereka yang memakai masker jenis scuba. Dengan begitu, diharapkan mudik libur panjang kali ini tetap nyaman dan terhindar dari COVID-19.

“Pembagian masker ini sebagai simbol bahwa kami peduli atau care dalam melindungi masyarakat,” kata Budi.

Selain meninjau Stasiun Pasar Senen, Menhub Budi pun menyempatkan diri mengunjungi Terminal Kampung Rambutan. Budi sendiri melakukan penyusuran beberapa bus untuk mengecek dan menegur penumpang yang tidak atau belum memakai masker sesuai protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya