Logo DW

Mari Mengenal Indeks Saham Jerman DAX

Privat
Privat
Sumber :
  • dw

Apa itu DAX 30? Sedikit berbagi pengalaman, karena kebetulan saya bekerja sebagai Business Strategy Advisor di perusahaan BASF yang tergabung dalam DAX 30. Oleh Yoshan Fazri.

DAX, kependekan dari Deutscher Aktien Index, adalah indeks saham yang mewakili 30 perusahaan Jerman terbesar dan dianggap terbaik yang listed di Bursa Efek Frankfurt. Perusahaan-perusahaan yang tergabung di DAX 30 di antaranya adalah BASF, Adidas, Volkswagen, Siemens, Daimler, BMW, Bayer, RWE, Robert Bosch dan Lufthansa.

Perusahaan yang terdaftar di DAX adalah perusahaan multinasional yang mempengaruhi ekonomi domestik Jerman dan juga ekonomi global. Industri Perusahaan yang terdaftar di DAX dapat juga dikatakan sebagai pilar ekonomi di Jerman.

Saya telah bekerja untuk BASF Jerman baik di Berlin maupun Ludwigshafen selama kurang lebih 3 tahun. Saya memulai bekerja di BASF sebagai Financial Controller, lalu saya mendapatkan dua kali promosi ditahun yang sama serta menerima penghargaan best performance employee di tahun 2018 dan 2019. Untuk mengembangkan karir lebih lanjut, pada tahun 2019 saya menerima tawaran perusahaan untuk pindah ke department Corporate Strategy sebagai Senior Business Strategy Advisor.

BASF, perusahaan kimia terbesar (*menurut total revenue) di dunia, yang berpusat di kota Ludwigshafen adalah salah satu perusahaan yang tergabung dalam DAX 30. Tak hanya memiliki bisnis dibidang industri kimia, BASF juga memiliki segmen bisnis dibidang performance material, nutrion & health, renewables energy, agriculture technology, industrial Solutions, performance products hingga oil & gas.

Pada bidang kerja saya saat ini, saya memberikan strategic advisory kepada direksi di BASF untuk membentuk dan mensukeskan strategy development & Initiative BASF serta membantu direksi perusahaan untuk mengimplementasikan.

Saat ini, saya sedang mengerjakan 3 Proyek Global BASF: