Menteri ESDM Resmikan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik

Menteri ESDM Arifin Tasrif
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, meresmikan operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Hal ini bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-75.

Menteri ESDM Sebut Subsidi BBM Berpotensi Membengkak, Ini Penyebabnya

Arifin berharap, peluncuran ketiga SPBKLU ini akan mampu mempercepat pemanfaatan kendaraan bertenaga listrik agar semakin merebak, dan menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan berbasis baterai.

"Sehingga kita bisa berharap lingkungan yang lebih bersih, lebih tenang, yang bisa memanfaatkan sumber-sumber daya alam dan sumber daya renewable yang ada di negara kita," kata Menteri ESDM dalam telekonferensi, Selasa 3 November 2020.

Soal Kasus Korupsi Timah Rp 271 Triliun, Menteri ESDM Buka Suara

Baca juga: Presiden Jokowi Dorong Bisnis Industri Kayu Rakyat Berkembang

Dengan SPBKLU ini, Arifin memastikan bahwa nantinya pengisian ulang baterai kendaraan listrik bisa dilakukan dengan lebih cepat, melalui pemanfaatan sejumlah teknologi yang mendukungnya.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Arifin pun menyampaikan apresiasinya pada partisipasi semua pihak yang terlibat dalam peresmian peluncuran tiga SPBKLU ini. Baik dari pihak kementerian, tenaga terkait, pemerintah daerah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat.

Dia berharap bahwa pembangunan SPBKLU ini ke depannya akan semakin gencar dilakukan. Ini sesuai dengan peta jalan yang telah disusun pemerintah terkait pemanfaatan kendaraan berbasis listrik dan tenaga baterai tersebut.

"Kami berharap mekanisme SPBKLU dapat dikembangkan lebih luas lagi sesuai dengan roadmap yang sudah direncanakan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas lagi," ujarnya.

Diketahui, ketiga SPBKLU yang diresmikan dalam peringatan Hari Listrik Nasional ke-75 tahun 2020 ini, antara lain yakni SPBKLU di kantor PLN Unit Pelaksana III Cikokol, Tangerang, oleh Grab Indonesia dan Kymco.

Kemudian ada juga SPBKLU yang berada di Alfarmart Gandaria III, Jalan Jatayu, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, oleh Oyika, dan SPBKLU yang berlokasi di kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, oleh Ezyfast dan Oyika. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya