Menteri ESDM Lantik Guru Besar ITB Jadi Dirjen Migas

Menteri ESDM Arifin Tasrif
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik Guru Besar Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Tutuka Ariadji, sebagai direktur jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

Bicara Dampak Konflik Iran-Israel ke Harga BBM dan LPG, Dirjen Migas: Tidak Perlu Direspons Segera

Selain melantik Tutuka Ariadji sebagai Dirjen Migas, Arifin Tasrif juga melantik Dadan Kusdiana sebagai direktur jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), menggantikan F.X. Sutijastoto yang mengakhiri masa tugas sebagai PNS terhitung per 1 November 2020.

"Saya ucapkan selamat, dengan harapan saudara akan melaksanakan amanah ini dengan penuh tanggung jawab dan integritas yang tinggi sesuai sumpah jabatan serta pakta integritas yang telah diucapkan," kata Arifin saat acara pelantikan di Kementerian ESDM, yang disiarkan secara virtual, Jumat 6 November 2020.

Menteri ESDM Sebut Subsidi BBM Berpotensi Membengkak, Ini Penyebabnya

Baca juga: Kwik Kian Gie: Giliran Trump Tiru Indonesia

Arifin menegaskan, jabatan dirjen Migas serta dirjen EBTKE, merupakan unsur pelaksana penting di dalam Kementerian ESDM.

Soal Kasus Korupsi Timah Rp 271 Triliun, Menteri ESDM Buka Suara

Posisi keduanya sangat penting dalam merumuskan, melaksanakan, dan mengawasi kebijakan teknis di bidang minyak dan gas bumi, serta di bidang energi baru terbarukan dalam upaya mendukung penyediaan energi nasional demi kesejahteraan masyarakat.

"Tantangan yang akan saudara hadapi ke depan tidak mudah, apalagi saat ini kita tengah berupaya bangkit untuk memulihkan ekonomi kita akibat pandemi COVID-19," ujar Arifin.

Karenanya, Arifin pun meminta kepada Tutuka Ariadji selaku dirjen Migas yang baru, untuk membantu mewujudkan beberapa program strategis dan rencana jangka panjang, dalam upaya pemenuhan target satu juta barel minyak bumi.

"Antara lain yakni dengan strategi mempertahankan tingkat produksi eksisting yang tinggi, transformasi sumber daya produksi, dan melakukan eksplorasi secara masif untuk penemuan baru," ujarnya.

Dengan diangkatnya Tutuka Ariadji ini, maka kursi dirjen Migas di Kementerian ESDM yang sudah kosong selama satu tahun lebih akhirnya kembali terisi.

Berdasarkan informasi dari laman resmi itb.ac.id, Tutuka Ariadji diketahui menyelesaikan studi S1- ya di ITB, untuk kemudian melanjutkan jenjang pendidikan S2 dan S3-nya di Texas A&M University, Amerika Serikat.

Saat ini, Tutuka tercatat menjadi guru besar Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB, dengan kelompok keahlian Teknik Pemboran, Produksi, dan Manajemen Migas.

Kemudian, pada kesempatan yang sama, Menteri ESDM juga melantik Maompang Harahap, untuk menjabat sebagai Inspektur I di Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya