Pengusaha Harus Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Bisnisnya Sukses

Ilustrasi pengusaha.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA – Kesuksesan mutlak menjadi tujuan utama pengusaha dalam menjalankan bisnis. untuk mencapai tujuan itu tidaklah instan, karena dibutuhkan usaha dan semangat yang besar serta strategi yang tepat.

Punya Harta Melimpah, Jusuf Hamka Bagi-Bagi THR Rp10 Ribu Langsung Disindir Netizen

Presiden Direktur PT Batamec Shipyard, Maya Miranda Ambarsari, menyampaikan ada  lima kunci sukses yang dipegangnya dalam menjalankan suatu usaha. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu wanita pengusaha sukses di Indonesia.

Pertama, kemampuan berkomunikasi jadi hal sangat penting untuk diterapkan pengusaha menuju kesuksesan. Sebab, pengusaha sukses pati akan berkomunikasi dengan berbagai kalangan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

Legislator Golkar Pendatang Baru Eric Hermawan Dapat Sambutan Hangat Airlangga

Baca juga: Menguat akibat Pilpres AS, IHSG Dibayangi Aksi Ambil Untung

“Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka barang atau produk yang kita tawarkan tersebut akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi,” tuturnya dalam webinar, dikutip Senin 9 November 2020.

Pengusaha Syariah Ini Sebut Babe Cabita Anti Riba

Photo :
  • istimewa.

Kedua, networking atau jaringan. Di dalam menjalankan usaha, networking merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dijaga. Sehingga dapat memberikan peluang bisnis untuk suatu usaha bisa berkembang.

“Selain memiliki komunikasi yang baik, seorang pengusaha juga harus mampu membangun network yang luas sehingga dia bisa mendapatkan banyak peluang. Misalnya dengan ikut masuk ke dalam suatu komunitas seperti HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) atau SIMAC (Santri Milenial Center),” terangnya.

Ketiga, kerja tim atau teamwork. Dalam berbisnis, Maya mengatakan bahwa kita tidak dapat bekerja sendiri sehingga dibutuhkan kerja sama yang solid. 

"Memiliki super tim yang hebat akan membuat kita menjadi lebih kuat," ujarnya.

Keempat, seorang pengusaha juga harus selalu melakukan yang terbaik dengan memberikan performa yang baik sehingga dapat terlihat bagus di mata kolega. Selain itu yang terpenting ialah jangan pernah berhenti untuk belajar.

“Bisnis itu membutuhkan fokus dan harus benar-benar lakukan yang terbaik. entah itu nilainya seribu, sepuluh juta atau seratus miliar, harus sama fokusnya. Itu yang dinamakan do the best. Fokuslah dan lakukan yang terbaik,” terangnya.

Kemudian yang terakhir kelima, berserah diri kepada Allah. Artinya, setelah semua yang terbaik dilakukan maka serahkan semuanya pada Allah apapun usahanya. Maya sangat percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. 

“Ketika kita sudah melakukan yang terbaik kemudian gagal, saya tidak pernah mengatakan ini kegagalan tapi justru menjadi pengalaman. Kegagalan itu yang membuat kita terus berproses. Dan Allah pasti akan memberikan yang terbaik pada kita, serahkan semua pada-Nya,” tutupnya.

Jika kelima hal itu diimplementasikan dengan baik, segala tantangan yang menghambat kesuksesan diyakini bisa diatasi. Termasuk kala pandemi Virus Corona yang melanda Indoensia saat ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya