Gaet Dufry dan Omega Group, Erick Thohir Dorong Sarinah Go Global

Situasi pusat perbelanjaan Sarinah usai aksi 22 Mei.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – PT Sarinah menandatangani nota kesepahaman terkait Memorandum of Understanding (MoU) Joint Venture, bersama dengan Dufry International Ltd asal Swiss dan grup industrialis Omega Mexico di KBRI Mexico City.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Menteri BUMN, Erick Thohir berharap, nantinya Sarinah bisa menitikberatkan pada kurasi dan seleksi produk UMKM dan produk nusantara yang premium, berkualitas dunia, serta sesuai minat dan selera pasar untuk kategori produk-produk duty-free dunia.

"Sarinah yang akan masuk ke liga pasar retail dan duty-free internasional juga perlu meningkatkan kapasitas, baik secara kelembagaan maupun SDM, melalui proses scouting dan pembelajaran manajemen retail dunia dari Dufry," kata Erick dalam keterangan tertulis, Senin, 9 November 2020.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Untuk tahap pertama, Erick menargetkan setidaknya akan ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini. "Sehingga nantinya diharapkan semakin terbuka lagi peluang produk lokal dan UMKM untuk go global," ujarnya.

Prakarsa ini merupakan salah satu langkah strategis Sarinah untuk bertransformasi dan berekspansi ke pasar global, selaras dengan visi pemerintah melalui Kementerian BUMN. Agar, para BUMN tidak hanya mengekspor produk dalam negeri, tetapi bertransformasi dalam segi bisnis.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Dengan menggandeng mitra strategis seperti Dufry dan Omega grup, Erick berharap gerbang pasar riil dunia, khususnya di sektor ritel dan travel maupun leisure, akan memberi peluang kepada produk UMKM untuk go global dan masuk ke liga utama pemain dan pebisnis dunia. 

MoU ini secara garis besar merumuskan beberapa peluang bisnis yang saling menguntungkan bagi perusahaan. Hal yang paling strategis adalah menjadikan Sarinah sebagai satu-satunya BUMN retail dalam klaster pariwisata, dan pendukung upaya perintisan pasar internasional dalam kerangka perdagangan multilateral.

"Bagaimana pun Sarinah harus selalu membawa kepentingan nasional dan nation brand di mancanegara," kata Erick.

Erick menegaskan, model kerja sama seperti ini diarahkan untuk mewujudkan identitas bangsa yang kaya keberagaman, melalui showcase atau memamerkan secara permanen di pasar-pasar retail premium dunia. 

"Beberapa manfaat lain yang tertuang dalam Nota Kesepahamam ini adalah tersedianya Indonesian Corner dan House of Indonesia, di berbagai gerai dan pusat perbelanjaan yang merupakan jejaring Dufry di dunia," ujarnya.

Baca juga: Airlangga: RI Terbaik dari Segi Kontraksi dan Penanganan COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya