Airlangga Harap Kemenangan Joe Biden Bawa Stabilitas Geopolitik

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengapresiasi pergelaran pemilihan umum (pemilu) yang telah usai di Amerika Serikat. Joe Biden berhasil menang mengalahkan Donald Trump.

Airlangga: Negara Anggota OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

Sebagaimana diketahui, Joe Biden, yang diusung Partai Demokrat, diketahui memenangi suara sebanyak 75,4 juta. Sementara itu, Trump, yang diusung Partai Republik memenangi suara sebanyak 70,9 juta.

"Pertama kita apresiasi pemilu di AS dan apresiasi pemenang dalam hal ini Pak Joe Biden," kata ketua umum Partai Golongan Karya (Golkar) itu, Senin, 9 November 2020.

Minister Hartarto Reveals Strategies to Achieve Golden Indonesia 2045

Dengan kemenangan Biden, Airlangga mengatakan bahwa yang penting bagi Indonesia adalah kepastian dan stabilitas politik maupun geopolitik di kawasan Indo Pasifik. Terutama wilayah antara China dan AS.

"Geopolitik di wilayah ini, China, Amerika menjadi penting, sehingga tentu kami berharap bahwa negara kita ini memerlukan ketenangan dan kepastian," ucap dia.

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

Baca juga: Kalah Pilpres, Donald Trump Akan Diceraikan Melania?

Bagi Airlangga, ketenangan dan kepastian tersebut bisa terjadi jika geopolitik aman. Makanya, dia berharap kepemimpinan baru di AS bisa menciptakan kondisi tersebut, tidak seperti pemerintahan di bawah Trump.

"Ketenangan dan kepastian itu baru ada kalau geopolitik aman, dan kita berharap kepemimpinan baru di AS membawa ketenangan di Indo Pasifik," tutur Airlangga.

Keamanan regional, menurut dia, juga bisa memberikan implikasi lanjutan terhadap ekonomi. Salah satunya adalah dengan semakin baiknya pertumbuhan ekonomi negara-negara di dalamnya, sehingga masyarakatnya sejahtera.

"Kalau Indo Pasifik aman maka pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga dan ada optimisme, bukan hanya optimisme nasional tapi juga optimisme regional," ungkap dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya