6 Konsep Pembangunan RI Dipamerkan PUPR secara Virtual, Intip di Sini

BPIW Expo 2020.
Sumber :
  • Vicky Fazri/VIVA.

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan digitalisasi serta integrasi pembangunan infrastruktur lewat pengembangan wilayah dan perkotaan. Hal itu dilakukan guna mempercepat pembangunan yang direncanakan pemerintah.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Digitalisasi pembangunan tersebut dijabarkan dalam pameran virtual bertajuk 'BPIW Virtual Expo 2020'. Gelaran itu diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR mulai dari 16-20 November 2020.

Baca juga: Vaksin COVID-19 AS Diklaim Ampuh 94 Persen Bikin Rupiah Perkasa

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Pelaksana tugas Sekjen Kementerian PUPR mengatakan, seiring revolusi industri Indonesia 4.0 sekaligus adaptasi pandemi COVID-19, Kementerian PUPR telah menerapkan digitalisasi dalam proses perencanaan dan pemprograman. Tujuannya untuk mengintegrasikan pembangunan infrastruktur dengan pengembangan wilayah dan perkotaan.

Salah satunya melalui Video Conference Forum Konsultasi Regional (VCFKR) dengan pemerintah daerah. Pameran Virtual itu pun disambut baik merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi digital pada masa new normal.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

“Saya berharap acara ini dapat menjadi wadah diskusi serta kerja sama antarpihak untuk peningkatan kinerja dalam perencanaan pembangunan infrastruktur PUPR dan pengembangan wilayah, utamanya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ungkapnya dikutip Selasa 17 November 2020. 

Sementara itu, Kepala BPIW Hadi Sucahyono mengatakan pameran diselenggarakan dalam rangka publikasi seluruh hasil kajian yang telah dilakukan oleh BPIW. Dengan harapan dapat meningkatkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan.

"Tema ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memulihkan kondisi ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19. Pameran dilaksanakan secara virtual karena saat ini belum memungkinkan diadakan pameran offline," jelasnya.

Pada Virtual Web Expo ini akan ditampilkan hasil-hasil kajian BPIW yang dimuat dalam 66 panel informasi visual dan sejumlah video. Terdapat enam konsep pembangunan tersebut meliputi kawasan perkotaan, perdesaan, perbatasan hingga Pulau-pulau Kecil 3T, yakni Terluar, Tertinggal dan Terdepan.

Selain itu ada pula kawasan pariwisata, kawasan industri dan lumbung pangan. Lalu pembangunan berkelanjutan dan new urban agenda serta konsep pembangunan bertema kebijakan, strategi, dan dukungan sistem.

"Talk series digelar tiga kali. Senin (16/11/2020), Rabu (18/11/2020) dan Jumat (20/11/2020)," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya