KRL Yogya-Klaten Siap Beroperasi, Begini Tampang Kerennya

KRL KfW i9000 yang akan beroperasi di lintas Yogya-Klaten.
Sumber :
  • Instagram @tommysetiotomo

VIVA – Ada kabar gembira bagi para warga Yogyakarta, Klaten dan sekitarnya. Di mana Kementerian Perhubungan akan segera mengeoperasikan Kereta Rel Listrik atau KRL pertama yang beroperasi di luar zona Jabodetabek.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Dikutip dari instagram @dirjenperkeretaapian, pada Kamis 19 November 2020 dijelaskan bahwa KRL lintas Yogya-Klaten akan beroperasi dalam waktu dekat. Lintasan ini adalah tahap pertama dari rencana pembangunan jalur KA listrik Yogyakarta-Solo. 

"Tentu ini sudah dinantikan warga Yogya dan sekitarnya, apalagi KRL ini sudah terlihat lalu lalang di lintas tersebut karena sedang dilakukan pengujian sistem integrasi," bunyi penjelasan @dirjenperkeretaapian. 

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

Adapun untuk lintas KRL Yogyakarta-Klaten memiliki panjang jalur yaitu 30 kilometer. Dan nantinya akan melintasi enam stasiun seperti Yogyakarta, Lempuyangan, Meguwo, Brambanan, serowot dan Klaten.

Sementara, untuk penyediaan trainset PT KAI Commuter sebagai operator KRL Yogya-Klaten menyediakan beberapa rangkaian kereta. Di mana satu trainset yang disediakan terdiri dari empat rangkaian yang dapat mengangkut penumpang 300 sampai 400 penumpang.

7 Proyek Waskita di IKN Siap Rampung Semester I-2024, Termasuk Tol dan Gedung Sekretariat Presiden

Sedangkan, berdasarkan data yang dihimpun VIVA, KRL yang akan melintas Yogyakarta-Klaten akan diisi kereta listrik tipe KRL KfW i9000. KRL ini belum lama dibawa dari Daop I Jakarta ke Daop VI Yogyakarta untuk dilakukan uji coba.

Selain itu, PT KAI Commuter juga menyediakan satu trainset Kereta Listrik eks Jepang yaitu JR 205 Series dengan empat rangkaian yang sudah berganti livery berwarga merah putih dan abu-abu.

Tak hanya itu, kesiapan dalam pengoperasian KRL di luar zona Jabodetabek juga terlihat dari telah siapkan sejumlah gate electronic atau pintu tiket elektronik di enam stasiun seperti yang ada di wilayah Jabodetabek. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya