Ibu Negara Ungkap Hikmah Pandemi COVID-19 bagi UMKM

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Ibu Negara, Iriana Joko widodo, mengungkapkan banyaknya hikmah yang dapat diperoleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari adanya pandemi COVID-19.

Senegal Punya 2 Ibu Negara, BW Walk Out dari Sidang MK

Kata dia, hikmah utama dari merebaknya virus asal China itu adalah mendorong UMKM beralih lebih cepat ke ranah digital. Membuat produk UMKM Indonesia makin dikenal dunia.

"Ini membuat produk-produk UMKM Indonesia semakin cepat di kenal di dunia internasional, membuat UMKM kita semakin maju dan naik kelas," ujar Iriana di acara Karya Kreatif Indonesia, Jumat, 20 November 2020.

Top Trending: Pendeta Ajak Jemaat War Takjil hingga 7 Kota di Indonesia Banyak Janda

Baca juga: Dahlan Iskan Bongkar Tipe-tipe Komisaris BUMN

Dengan adanya perkembangan tersebut, Iriana menekankan bahwa UMKM harus bisa memanfaatkan untuk menyiapkan dan menyesuaikan usahanya dengan cara memperbaiki kualitas produk, pemasaran hingga harga.

5 Ibu Negara Paling Cantik dan Berpengaruh di Dunia, No 4 Mirip Artis Korea

"Kualitas produk, branding, packing, pelayanan juga harga agar tidak kalah saing dari produk negara lain. Pemakaian platform digital saat ini telah membuka kesempatan luas kepada generasi muda," ucapnya.

Iriana menilai pemanfaatan digital sangat menjanjikan bagai generasi muda Indonesia yang sangat banyak. Sebab mereka sudah terbiasa menggunakan teknologi digital dalam kehidupan.

"Karena itu sekarang waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, bangun dan besarkan UMKM, membantu ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dorong perekonomian," tegas Iriana.

Di sisi lain, dia melanjutkan, pemerintah, kementerian atau lembaga, Bank Indonesia, perbankan hingga BUMN saat ini tengah membuka kesempatan lebar bagi masyarakat dan pemuda untuk mengembangkan wirausahanya.

"Kita dorong dan ciptakan budaya enterpreneur di kalangan anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global, mendunia, membawa produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional," ucap dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya